Wujudkan MBKM UMM Ajak Pemkab Kolaborasi Memanfaatkan Hasil Penelitian

Universitas Muhammadiyah Malang menggelar seminar nasional MBKM (Merdeka Belajar – Kampus Merdeka). Dengan tema implementasi dari Muhammadiyah untuk bangsa melalui program penelitian kebijakan MBKM dan Abdimas berbasis hasil penelitian dan purwarupa.

Wujudkan MBKM UMM Ajak Pemkab Kolaborasi Memanfaatkan Hasil Penelitian
Wujudkan MBKM UMM Ajak Pemkab Kolaborasi Memanfaatkan Hasil Penelitian

AGROPOLITAN.TV - Universitas Muhammadiyah Malang menggelar seminar nasional MBKM (Merdeka Belajar – Kampus Merdeka). Dengan tema implementasi dari Muhammadiyah untuk bangsa melalui program penelitian kebijakan MBKM dan Abdimas berbasis hasil penelitian dan purwarupa. Lewat seminar ini UMM berharap hasil penelitian (riset) bisa dimanfaatkan pemerintah selaku pengambil kebijakan, agar program pembangunan bisa lebih efektif.

Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) adalah program yang dicanangkan oleh menteri pendidikan dan kebudayaan yang bertujuan mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan untuk bekal memasuki dunia kerja.

Atas dasar itulah Universitas Muhammadiyah malang menggelar seminar nasional MBKM(Merdeka Belajar-Kampus Merdeka), di Singhasari Resort Kota Batu. Dengan mengangkat tema “Implementasi Dari Muhammadiyah Untuk Bangsa Melalui Program Penelitian Kebijakan MBKM Dan Abdimas Berbasis Hasil Penelitian Dan Purwarupa”. Lewat seminar ini UMM berharap hasil penelitian(riset) bisa dimanfaatkan pemerintah selaku pengambil kebijakan, agar program pembangunan bisa lebih efektif.

Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto yang menghadiri seminar nasional MBKM ini menyambut baik dan menyampaikan apresiasi tinggi atas inisiasi Universitas Muhammadiyah Malang serta semua pihak yang telah berpartisipasi. Kegiatan ini merupakan wujud keseriusan dan respon positif Universitas Muhammadiyah Malang terhadap kebijakan merdeka belajar kampus merdeka atau MBKM yang digagas Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi.

Wabup berharap melalui momentum ini dapat menjadi forum komunikasi yang strategis sekaligus sebagai wadah penguatan sinergitas antara pemerintah Kabupaten Malang dan Universitas Muhammadiyah Malang, dalam rangka optimalisasi peran perguruan tinggi sebagai mitra strategis pemerintah yang memiliki andil besar dalam pembangunan sumber daya manusia berkualitas maupun pembangunan daerah secara luas.

Sementara itu Rektor UMM Dr. Fauzan, M.Pd mengatakan UMM menjadi kampus swasta penerima hibah MBKM peringkat satu di Jawa Timur dari Kemendikbud-Ristek Ri yang mencapai hampir dua miliar. Aktivitas pembelajaran di perguruan tinggi hendaknya juga didorong untuk mampu menciptakan 4c yakni creativity, collaboration, communication dan critical thinking atau problem solving.selama ini UMM telah bekerjasama dengan Pemkab Malang, lewat kerjasama ini diharapkan adanya sinkronisasi program. Sehingga hasil penelitian mahasiswa dan dosen bisa dimanfaatkan oleh pengambil kebijakan (pemerintah).

 Ary Punka Aji