Walikota Batu Serahkan CSR Perusahaan Berupa Perlindungan BPJS Ketenagakerjaan Bagi Pedagang Pasar

Walikota Batu Dewanti Rumpoko menyerahkan secara simbolis Corporate Social Responsibility (CSR) dari 2 bank di Kota Batu kepada pelaku usaha non formal di Kota Batu. Bantuan ini dirupakan dalam bentuk perliundungan jaminan sosial bagi ratusan pedagang, baik pedagang pasar maupun pedagang kaki lima binaan Diskumdag Kota Batu.

Walikota Batu Serahkan CSR Perusahaan Berupa Perlindungan BPJS Ketenagakerjaan Bagi Pedagang Pasar
Walikota Batu Serahkan CSR Perusahaan Berupa Perlindungan BPJS Ketenagakerjaan Bagi Pedagang Pasar

AGROPOLITAN.TV - Sebelum menyerahkan CSR kepada ratusan pedagang di Kota Batu. Walikota Batu Dewanti Rumpoko menyempatkan berbelanja dan menyapa pedagang di pasar relokasi Stadion Brantas Kota Batu. Perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan saat ini menjadi kebutuhan yang penting disamping kesehatan untuk meningkatkan rasa aman saat bekerja, serta memberikan kepastian keberlangsungan ekonomi keluarga di masa depan.

Atas dasar itulah Wali Kota Batu Hj. Dewanti Rumpoko memberikan Corporate Social Responsibility (CSR) dari dua bank di Kota Batu yaitu Bank Mandiri dan Bank Rakyat Indonesia (BRI) kepada pelaku usaha nonformal di Kota Batu yaitu kepada para pedagang baik pedagang pasar maupun pedagang kaki lima di kawasan Alun-Alun Kota Batu yang merupakan binaan Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan Kota Batu.           

Penyerahan simbolis CSR berupa BPJS Ketenagakerjaan ini dilakukan di areal pasar relokasi Stadion Brantas Kota Batu. Kepala BPJS Ketenagakerjaan kantor cabang Batu Yeni Aristasari mengatakan, hingga saat ini sudah ada 455 pedagang pasar yang memiliki kartu BPJS Ketenagakerjaan. Sedangkan untuk pedagang alun-alun 100% telah memiliki BPJS Ketenagakerjaan.  Perlindungan sosial yang diberikan berupa jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian.            

Dalam kesempatan ini sekaligus diserahkan 100 Corporate Social Responsibility (CSR) kepada tenaga kerja rentan Kota Batu dari Bank Mandiri dan 200 perlindungan untuk tenaga rentan dari Bank BRI Suhat.

Wali Kota Batu Hj. Dewanti Rumpoko berharap penyerahan Corporate Social Responsibility (CSR) kepada pedagang Kota Batu ini nanti bisa dilakukan lebih masiv dan menyentuh pekerja di sektor informal lainnya di Kota Batu agar masyarakat Kota Batu di sektor non formal memiliki asuransi, dan perlindungan di hari tua. Walikota berharap dengan adanya perlindungan ini, para pedagang menjadi lebih tenang dalam melakukan pekerjaannya. Dengan begitu pada gilirannya nanti, bisa terus meningkatkan produktivitas kerjanya.           

Ary Punka Aji ATV