Walikota Batu Sampaikan Perijinan Sudah Miliki SOP

Salah satu hal yang ditanggapi dan dijelaskan oleh Wali Kota Batu, yaitu terkait dengan perlunya standart operasional prosedur. Selain itu terkait dengan pelanggaran dan penanganan perijinan. Hal tersebut disampaikan oleh walikota batu dalam rapat paripurna antara DPRD Kota Batu dan Walikota Batu.

Walikota Batu Sampaikan Perijinan Sudah Miliki SOP
Walikota Batu Sampaikan Perijinan Sudah Miliki SOP

AGROPOLITAN.TV - Kemudian terkait saran dan masukan agar ditambahkan pasal yang mengatur Standar Operasional Prosedur (SOP), memang tidak dicantumkan dalam Raperda dimaksud, akan tetapi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, hal ini nantinya akan diatur dalam Peraturan Kepala Daerah.

Hingga saat ini seluruh perijinan dan nonperijinan sudah mempunyai SOP dan dilengkapi pula dengan standar Pelayanan dan Maklumat Pelayanan, bahkan dalam Mal Pelayanan Publik (MPP) nantinya wajib dilengkapi Standar Pelayanan dan Maklumat Pelayanan.

Salah satu saran dan masukan yang disambut positif oleh pemerintah kota batu yaitu bilamana terjadi pelanggaran perijinan dan penanganan perijinannya agar tidak saling melempar tanggung jawab, akan tetapi harus dikembalikan sesuai tugas, fungsi, dan wewenang dari masing-masing SKPD.

Kemudian secara bersama-sama perlu melakukan tindakan tegas melalui tahapan-tahapan penyelesaian yang baik agar tidak terjadi persoalan di kemudian hari, walikota batu juga bersyukur bahwa saat ini para investor sebelum berinvestasi, berkonsultasi terlebih dahulu dengan harapan agar tidak terjadi pengulangan pelanggaran perijinan.

Abraham Patrikha, ATV