Universitas Brawijaya Terima 5.125 Mahasiswa Baru Jalur SBMPTN 2022

Penerimaan mahasiswa UB melalui Jalur Mandiri kuota tahun ini merupakan yang terbanyak atau sekitar 50 persen dari total kuota yang disediakan. Hal ini tersampaikan dalam Kegiatan Bincang Santai Bersama Pakar(BONSAI Kamis siang di Ruang Jamuan Gedung Rektorat lantai 6 yang digelar Universitas Brawijaya (UB).

Universitas Brawijaya Terima 5.125 Mahasiswa Baru Jalur SBMPTN 2022
Universitas Brawijaya Terima 5.125 Mahasiswa Baru Jalur SBMPTN 2022

AGROPOLITAN.TV - Penerimaan mahasiswa UB melalui Jalur Mandiri kuota tahun ini merupakan yang terbanyak atau sekitar 50 persen dari total kuota yang disediakan. Hal ini tersampaikan dalam Kegiatan Bincang Santai Bersama Pakar(BONSAI Kamis siang di Ruang Jamuan Gedung Rektorat lantai 6 yang digelar Universitas Brawijaya (UB).

Kegiatan BONSAI kali ini mengangkat tema "Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Universitas Brawijaya Jalur UTBK-SBMPTN dan Mandiri Tahun 2022". Sekretaris Direktorat Administrasi dan Layanan Akademik Heri Prawoto mengatakan UB masih menduduki posisi teratas penerima peserta terbanyak pada jalur SNMPTN dengan jumlah 3.445 peserta.

Jumlah ini mengalami penurunan dibandingkan tahun lalu 4.373 orang. Hal ini mengikuti jumlah kuota SNMPTN yang telah ditetapkan tahun ini (20%). Pada jalur SBMPTN kuota yang ditetapkan tahun ini sebanyak 30 persen atau sekitar 5.125. Jumlah ini lebih sedikit dibandingkan tahun lalu sebanyak 5.919.

Sedangkan untuk Jalur Mandiri kuota tahun ini merupakan yang terbanyak atau sekitar 50 persen dari total kuota yang disediakan. "Untuk Seleksi UTBK dan SBMPTN ketentuannya masih sama seperti yang sebelumnya. Yang berbeda pada tahun ini untuk Seleksi Mandiri, selain menggunakan prestasi akademik juga menggunakan prestasi non akademik dan nilai UTBK.

Diketahui, Universitas Brawijaya (UB) memiliki 15 fakultas dengan 174 program studi. Saat ini, UB memiliki 16.019 mahasiswa, 192 profesor, dan 917 doktor.

Saiful Akbar ATV