Unik, Seniman Ini Bikin Karya Seni Dari Onderdil Kendaraan Bekas

Ada satu seniman unik di Kota Malang, yang mengumpulkan onderdil sepeda motor dan mobil bekas untuk dijadikan karya seni. Berawal dari iseng-iseng, Seniman yang bernama Harianto ini sudah bisa menjual karyanya pada beberapa kota di Indonesia.

Unik, Seniman Ini Bikin Karya Seni Dari Onderdil Kendaraan Bekas
Unik, Seniman Ini Bikin Karya Seni Dari Onderdil Kendaraan Bekas

AGROPOLITAN.TV - Inilah aktivitas keseharian Harianto, seorang tukang las yang mengisi waktu luangnya untuk membuat karya seni. Harianto merupakan seorang seniman di Kota Malang yang tergolong unik. Pasalnya ia membuat sejumlah karya seni yang berbahan dasar onderdil sepeda motor dan mobil bekas.

Teras rumah Hariadi yang terletak di Jalan Danau Rawa Pening Dalam, Perumahan Sawojajar, Kota Malang, dihiasi beberapa variasi rupa produk karya seni, seperti motor harley, skuter, hingga kendaraan berbentuk tank.

Harianto yang sejak kecil kerap membuat beberapa karya seni dari bahan bekas, terus konsisten berkarya saat ada waktu luang dari pekerjaannya sebagai tukang las. Pekerjaan sampingan ini kemudian membawa dampak yang baik bagi Harianto, beberapa produknya bahkan sudah bisa ia jual ke luar kota seperti Jakarta dan Makassar.

Hebatnya, dalam membuat karya seni ini Harianto tidak menggunakan sketsa. Harianto juga mengalami cacat pada kaki sebelah kirinya, namun ini tidak mempengaruhinya dalam menciptakan karya seni. Sementara itu, waktu proses pembuatan karya ini, bisa memakan waktu satu hingga dua hari, tergantung pada ketersediaan material yang dibutuhkan.

Karya seni murni barang bekas ini, dihargai mulai dari 5 ribu hingga 700 ribu rupiah. Harianto menjelaskan proses pembuatan karya seni ini memerlukan jangka waktu yang berbeda, tergantung ketersediaan material onderdil yang ia kumpulkan dari beberapa bengkel sepeda motor dan mobil.

Benaya Harobu, ATV