Tingkatkan Perlindungan Pekerja, Dua Dinas Pemkot Batu Jalin MOU Dengan BPJS Ketenagakerjaan

Wakil Walikota Batu Punjul Santoso menyaksikan penandatangan Memorandum of Understanding (MOU) antara pemerintah Kota Batu dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan, tentang optimalisasi penyelenggaraan jaminan sosial ketenagakerjaan. MOU BPJS Ketenagakerjaan dengan Dinas Sosial dan Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan tenaga kerja Pemkot Batu, ini bertujuan mengoptimalkan dan memberikan perlindungan dasar program jaminan sosial ketenagakerjaan yang menyeluruh bagi pekerja yang ada di Kota Batu.

Tingkatkan Perlindungan Pekerja, Dua Dinas Pemkot Batu Jalin MOU Dengan BPJS Ketenagakerjaan

AGROPOLITAN.TV - Penandatanganan kesepakatan bersama dan perjanjian kerjasama antara Pemkot Batu dengan BPJS Ketenagakerjaan ini dilakukan di ruang rapat lantai 3 Balaikota Among Tani Pemkot Batu. Dan dihadiri Wakil Walikota Batu-Punjul Santoso, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Malang Raya-Imam Santoso, Sekda Kota Batu-Zadim Efisiensi, bersama Kepala Dinas Sosial dan Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Pemkot Batu.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Malang Raya, Imam Santoso, dalam sambutannya menyebutkan bahwa sejauh ini masih banyak potensi pekerja formal dan informal di Kota Batu yang belum terlindungi program BPJS Ketenagakerjaan. Sehingga pemerintah perlu memperhatikan perlindungan dan keselamatan bagi pekerja dan keluargannya.

Masalah jaminan sosial bagi tenaga kerja ini sangat penting untuk selalu ia tekankan dan sosialisasikan. Sebab tenaga kerja menjadi faktor yang sangat penting bagi maju dan mundurnya perusahaan. Skill yang bagus dari para pekerja tidak menjamin suksesnya suatu perusahaan.

Sementara itu Wakil Walikota Batu Punjul Santoso menyampaikan rasa bahagia atas ditandatanganinya kesepakatan bersama antara Dinsos dan DPMPTSP Naker Pemkot Batu dengan BPJS Ketenagakerjaan. Dengan ditandatanganinya kesepakatan tersebut berarti sudah ada payung hukum yang sah. Sudah ada ketegasan dan aturan yang jelas mengenai jaminan sosial bagi tenaga kerja. Dengan terpenuhinya hak akan jaminan sosial, bukan hanya tenaga kerja saja yang dapat bekerja dengan tenang, pihak perusahaan pun dapat melakukan kegiatan operasional sehari-hari dengan tenang. Wawali menambahkan tujuan kesepakatan bersama adalah untuk mengoptimalkan dan memberikan perlindungan dasar program jaminan sosial ketenagakerjaan yang menyeluruh bagi pekerja yang ada di Batu.

Ruang lingkup kesepakatan bersama ini meliputi, peningkatan kepesertaan program jaminan kecelakaan kerja, jaminan hari tua, jaminan kematian, jaminan pensiun dan jaminan kehilangan pekerjaan.

   Ary Punka Aji, ATV.