Tingkatkan Kunjungan Wisatawan Pemkot Bukittinggi Tiru Pariwisata Kota Batu

Mencoba bangkit dari keterpurukan dampak pandemi covid-19, Pemerintah Kota Bukittinggi melakukan study tour ke Pemerintah Kota Batu. Kedua Kota yang memiliki kesamaan pariwisata sebagai unggulan dan juga kondisi geografis. Diharapkan akan mampu meningkatkan kunjungan wisatawan di Bukittinggi yang baru mencapai 1,5juta per tahunnya.

Tingkatkan Kunjungan Wisatawan Pemkot Bukittinggi Tiru Pariwisata Kota Batu

agropolitan.tv -Mencoba bangkit dari keterpurukan dampak pandemi covid-19, Pemerintah Kota Bukittinggi melakukan study tour ke Pemerintah Kota Batu. Kedua Kota yang memiliki kesamaan pariwisata sebagai unggulan dan  juga kondisi geografis. Diharapkan akan mampu meningkatkan kunjungan wisatawan di Bukittinggi yang baru mencapai 1,5juta per tahunnya.

Tingginya angka kunjungan wisatawan ke Kota Batu Yang Mencapai 7 juta lebih di tahun 2019, dan merosot ke angka 3,5juta kunjungan wisatawan di tahun 2020 karena terdampak pandemi. Menjadi alasan kuat bagi rombongan Pemerintah Kota Bukittinggi Sumatera Barat, melakukan study tour ke Kota Wisata Batu.

Rombongan Pemerintah Bukittinggi yang dipimpin langsung oleh Walikota Bukittinggi Erman Safar diterima langsung oleh Wakil Walikota Batu Punjul Santoso bersama sejumlah Kepala Dinas, Kajari, Kepala Kemenag Kota Batu dan juga perwakilan Budayawan Kota Batu. Di ruang rapat utama lantai 5 Balaikota Amongtani Pemkot Batu.

Dalam sambutannya Walikota Bukittinggi Erman Safar mengatakan, satu tahun pandemi virus corona atau covid-19 telah membuat sektor Pariwisata Bukittinggi, Sumatera Barat merosot. Angka kunjungan wisatawan menurun drastis. Pada tahun 2019 tercatat ada sekitar 1,5 juta pengunjung. Dan pada 2020 menjadi 550.000 pengunjung saja.

Atas dasar itulah Pemerintah Bukittinggi memilih Kota Batu untuk meningkatkan kunjungan wisatawan  ke Bukittinggi. Karena disamping sama-sama mengandalkan pariwisata juga iklim dan geografis kedua Kota relatif sama. Walikota Bukittinggi juga menyoroti kebijakan Pemerintah Kota Batu dalam mendorong iklim investasi wisata di Kota Batu yang dinilai mampu meningkatkan kunjungan wisatawan. 

Walikota Bukittinggi Erman Safar berharap kedepan akan ada kerjasama semacam Sister City antara Kota Bukittinggi dan Kota Wisata Batu untuk bersama sama mengembangkan pariwisata sebagai ikon Nasional. 

Sementara itu Wakil Walikota Batu Punjul Santoso mengatakan Pemkot Batu selalu terbuka kepada siapapun untuk bersama sama mengembangkan pariwisata. Keunggulan alam dan juga keramahan masyarakat Kota Batu menjadi daya tarik tersendiri dalam dunia pariwisata. Terlebih di Kota Batu Pariwisata menjadi penopang utama pendapatan daerah disamping pertanian.

 

Ary Punka Aji Atv