Tim UMM Juara Kontes Robot Puspresnas 2022

Tim UMM Juara Kontes Robot Puspresnas 2022

Agropolitan TV - Kabar gembira kembali datang dari Tim Robot Dome Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Mereka mampu merengkuh juara 2 pada Kontes Robot Indonesia 2022 Regional Wilayah II yang dilaksanakan pada 11-13 Juni 2022 secara daring. Tim kebanggaan UMM ini berhasil meraih kemenangan pada kategori Kontes Robot SAR (KRSRI) yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 

Adalah Salman Al-Farisi Ramadhani, Aditya Septiawan Dwi Andika dan Naufal Labib Althof yang menjadi orang-orang di balik robot Dome. Aditya mengungkapkan bahwa timnya tetap bersyukur walaupun meraih Juara 2 di tingkat regional. Apalagi dengan persiapan yang relatif singkat dan informasi yang mendadak.

“Kami harus berusaha ekstra dalam latihan dan penyusunannnya agar robot tidak error saat perlombaan. Selain kerja keras, doa dari kedua orang tua juga menjadi hal penting yang melancarkan perjalanan kami,” tambahnya.

Pada kompetisi tahun ini, kompetisi tersebut memberikan misi untuk memadamkan api di ruangan dan menyelamatkan korban. Aditya mengatakan keunggulan dari robot Dome terletak di segi desain dan strategi robot. Adapun proses perakitan memakan waktu lebih dari satu bulan. Belum lagi mereka harus mengalami kendala komponen yang susah ditemui.

“Mungkin Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) dan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) menjadi lawan yang cukup sengit dalam KRI tahun ini,” ujar Aditya.

Disampaikan Adit, usai menang di regional, ia dan tim nantinya akan bertarung dalam Kontes Robot Indonesia (KRI). Ajang ini merupakan kompetisi tahunan dalam bidang rancang bangun dan rekayasa robotika bagi mahasiswa. Ada beberapa tahap yang harus dilewati Adit dan tim agar bisa hadir dan bersaing secara luring.

Dimulai dengan pengiriman proposal kemudian dilanutkan dengan pengiriman video yang menampilkan perkembangan robot. Hingga akhirnya sampai pada tahap menampilkan robotnya melalui video conference. Dari situ, akan menghasilkan sederet tim yang akan diundang secara langsung pada KRI Nasional 2022 yang nantinya diadakan di Surabaya.

Ia berharap, tim Dome UMM bisa mengulang raihan gemilang tahun lalu dengan menduduki juara pertama di kategori KRSRI. Selain itu juga mampu menjadi tim dengan desain dan strategi terbiak. “Untuk tingkat nasional, kami akan lebih menguatkan mental karena euforianya tentu akan berbeda. Pertandingannya dilaksanakan secara langsung dan semoga kita dapat menjuarainya seperti tahun lalu,” pungkasnya. (*)