Tim Ahli Sampaikan Kesimpulan Dari Hasil Analisis Terkait Rencana Pembangunan Cold Storage Kota Batu

Gabungan komisi B dan C DPRD Kota Batu sebelumnya telah mangadakan rapat kerja bersama dengan Dinas Pertanian serta tim ahli. Hal ini berkaitan dengan rencana pembangunan cold storage di Kota Batu. Dalam rapat kali ini, tim ahli juga memberikan kesimpulan dari hasil analisis yang sebelumnya telah dilakukan.

Tim Ahli Sampaikan Kesimpulan Dari Hasil Analisis Terkait Rencana Pembangunan Cold Storage Kota Batu
Tim Ahli Sampaikan Kesimpulan Dari Hasil Analisis Terkait Rencana Pembangunan Cold Storage Kota Batu

AGROPOLITAN.TV- Disampaikan oleh tim ahli bahwa berdasarkan hasil analisis kelayakan Aspek Keruangan, Infrastruktur, Lingkungan, Sosial Dan Ekonomi terdapat 3 lokasi terbaik untuk Pusat Distribusi dan Cold Storage yaitu Desa Junrejo, Desa Pandanrejo dan Kelurahan Dadaprejo.  Desa Junrejo memiliki tanah aset desa dengan luas total 2,7 Ha. Desa Pandanrejo memiliki tanah aset desa dengan luasan 0,7 Ha. Dan Kelurahan Dadaprejo memiliki tanah aset pemerintah Kota Batu dengan luas 0,49 Ha.

LIHAT VIDEO BERITA DI SINI

Ketersediaan bahan baku masing-masing komoditi sangat besar dan mempunyai potensi penyerapan pada Pusat Distribusi Hasil Pertanian dan Cold Storage.  Produksi apel, kentang, sawi dan jeruk perbulan masing-masing sebesar 42.000 Ton, 7800 Ton, 7900 Ton dan 19.000 Ton. Pusat Distribusi Hasil Pertanian dan Cold Storage asumsi dapat menyerap 40 % dari bahan baku tersedia dengan kapasitas perhari 400 Ton untuk mencukupi pasar lokal Batu dan Malang Raya. 

Infrastruktur jalan  3 lokasi terpilih,  Lokasi lahan di Desa Junrejo terletak 2000 m dari jalan raya dengan lebar jalan 4,2 m 5,8 m. Lokasi lahan di Kelurahan Dadaprejo terletak 2300 m dari jalan raya dengan lebar jalan 3,4 m – 5,1 m. Lokasi lahan di Desa Pandanrejo terletak di 1200 m dari jalan raya dengan lebar jalan 2,7 m – 4,3 m. Dan perlu adanya pelebaran jalan di beberapa titik baik Pandanrejo maupun dadaprejo

Keberterimaan masyarakat Kota Batu dari ke 7 lokasi desa, terkait dengan pengetahuan masyarakat menunjukkan pada angka 70%; pada aspek seberapa penting program ini akan berjalannya prosentase  mencapai 90.9% dan aspek dukungan masyarakat terhadap rencana program pembangunan pusat distribusi hasil pangan dan cold storage, prosentase mencapai 95.0%.

Abraham Patrikha ATV