Televisi Lokal LPPL ATV Bersiap Migrasi Ke Siaran TV Digital

Kementerian Komunikasi Dan Informatika (Kemenkominfo) RI, terus menggaungkan program penghentian siaran TV analog untuk selanjutnya beralih ke siaran TV digital. Meski di Kota Batu dan Malang Raya masih akan dilakukan pada tahap ke tiga atau pada akhir November 2022. Sebagai salah satu televisi lokal Malang Raya LPPL ATV (Agropolitan Televisi) juga mulai melakukan sejumlah persiapan guna bermigrasi dari siaran TV analog menuju siaran TV digital.

Televisi Lokal LPPL ATV Bersiap Migrasi Ke Siaran TV Digital
Televisi Lokal LPPL ATV Bersiap Migrasi Ke Siaran TV Digital

AGROPOLITAN.TV - Indonesia saat ini tengah bersiap bermigrasi dari televisi analog ke televisi digital atau Analog Switch Off. Migrasi TV analog ke siaran TV digital akan mulai dilakukan pada akhir April tahun 2022 hingga November 2022 mendatang.

Migrasi dari TV analog ke TV digital merupakan tren di dunia sejak 2007, seiring dengan meningkatnya jumlah pengguna internet. Direktur Penyiaran Kominfo Geryantika Kurnia mengatakan latar belakang penghentian siaran TV analog ini terkait dengan efisiensi. Pasalnya, spektrum frekuensi radio yang digunakan untuk TV analog menurutnya berada pada pita 700 MHZ atau pita yang juga untuk layanan internet.       

Oleh karena itu, di seluruh dunia melakukan penghematan penggunaan pita 700 MHZ dengan pemanfaatan TV digital yang lebih efisien. Baik TV analog maupun TV digital dapat diterima dengan antena terestrial. Perbedaan salah satunya adalah sinyal yang dipancarkan, yaitu berupa sinyal analog dan sinyal digital. Ketika sudah diterima pada perangkat TV, maka TV digital terlihat signifikan perbedaan kualitas gambar dan suaranya lebih jernih dan tidak berbintik seperti di TV analog.

Meski di Kota Batu dan Malang Raya masih akan dilakukan pada tahap ke tiga atau pada akhir November 2022. Sebagai salah satu televisi lokal Malang Raya LPPL ATV (Agropolitan Televisi) juga mulai melakukan sejumlah persiapan guna bermigrasi dari siaran TV analog menuju siaran TV digital.

Direktur LPPL Agropolitan Televisi Drs Nurbani Yusuf mengatakan pihaknya bersama Dinas Kominfo Kota Batu, terus melakukan berbagai persiapan agar LPPL ATV bisa migrasi ke siaran TV digital. Selain melengkapi sarana prasarana dan juga sumber daya manusia (SDM) yang mampu menjalankan sistem penyiaran dari televisi analog ke televisi digital. Tak hanya itu untuk mendukung agar siaran Agropolitan Televisi lebih menarik sejumlah program – program baru juga disiapkan sehingga semangat digital bisa dirasakan.

Ary Punka Aji ATV