Tangis haru Sutiaji lepas Jamaah Ibadah haji

Tangis haru Sutiaji lepas Jamaah Ibadah haji

Agropolitan TV. Malang - Momen mengharukan ini terjadi saat Walikota Malang Sutiaji memberikan sambutan dan melepas 690 jamaah ibadah haji Kota Malang pada Minggu (12/6) di lapangan Rampal.

Mengawali sambutannya, Walikota yang juga akan melaksanakan ibadah haji ini menyampaikan rasa syukurnya atas penyelenggaraan ibadah haji yang setelah 2 tahun tidak dapat terlaksana karena pandemi covid 19.

"Syukur Alhamdulillah, setelah 2 tahun bergelut dengan pandemi, yang mana penyelenggaraan ibadah haji tidak dapat dilaksanakan, akhirnya pada tahun ini kita hadir disini dan bersama-sama melepas saudara-saudara kita yang akan melaksanakan ibadah haji".

Menurut Sutiaji, memang kuota penyelenggaraan tahun ini masih belum sebanyak kuota pada tahun-tahun sebelumnya dan berharap penyelenggaraan di tahun-tahun mendatang secara rutin dapat dilaksanakan.

"Kuota haji tahun ini masih belum seperti penyelenggaraan tahun sebelumnya, untuk Kota Malang ada 690 jamaah haji yang terbagi menjadi 3 kloter, ada kloter 14,15, dan 16".

"Mari kita berdoa bersama semoga pandemi covid terus mengalami penurunan dan semoga Allah mengangkat pandemi covid 19 ini, jadi pelaksanaan di tahun-tahun depan dapat terus terlaksana dan kuota yang diberikan pemerintah Saudi bisa kembali normal seperti sebelumnya" tambah Sutiaji.

Dilanjutkan Sutiaji bahwa ke 690 jamaah haji ini menurut dinas Kesehatan sudah melalui proses swab dengan hasil negatif sehingga semuanya sudah sesuai dengan persyaratan protokol kesehatan yang sudah ditentukan.

Momen mengharukan mulai terasa saat hendak menutup sambutannya, sambil melafalkan bacaan talbiyah, tangis haru Sam Sutiaji tidak tertahankan. Orang nomor satu di Kota Malang ini sempat terbata-bata dalam melafalkan bacaan talbiyah.

Ditemui selepas acara, Sam Sutiaji mengatakan sangat terharu dengan pelepasan ibadah haji tahun ini dan menyebut sangat bermakna bagi para jamaah haji yang berangkat.

"Sebagai umat Islam dan mewakili pemerintah Kota Malang, tentu saya sangat terharu dan bersyukur karena ibadah haji akhirnya bisa dilaksanakan. Tangis haru saya, membayangkan rasa syukur saudara-saudara kita yang berangkat maupun yang mengantar disini dan saya sangat bersimpati dengan ini semua".imbuhnya.

Menutup rangkaian acara, didampingi  beberapa tokoh, Walikota Sutiaji secara simbolis mengalungkan syal kebesaran Arema kepada perwakilan kloter dan melepas secara simbolis ke 690 jamaah haji Kota Malang.