Susur Sungai Petakan Lokasi Penanaman Vetiver Sebagai Penguat DAS

Menindaklanjuti arahan BNPB, Kasatgas Tanggap Bencana Kota Batu Punjul Santoso bersama Dandim 0818, Tagana dan sejumlah elemen terkait. Melakukan susur sungai di areal Dusun Sengonan Desa Bulukerto yang berbatasan dengan Desa Sumbergondo, Kecamatan Bumiaji Kota Batu. Susur sungai dilakukan untuk melakukan pemetaan lokasi penanaman vetiver, dan tanaman tegakan untuk memperkuat daerah aliran sungai, mengantisipasi tanah longsor maupun banjir susulan.

Susur Sungai Petakan Lokasi Penanaman Vetiver Sebagai Penguat DAS
Susur Sungai Petakan Lokasi Penanaman Vetiver Sebagai Penguat DAS

AGROPOLITAN.TV - Kasatgas Tanggap Bencana Kota Batu Punjul Santoso bersama Dandim 0818 Letkol Inf Yusub Dody Sandra, Tagana Simon Purwo Ali, Dinsos Ririck Mashuri, BPBD Agung Sedayu dan sejumlah elemen terkait. Melakukan susur sungai di areal Dusun Sengonan Desa Bulukerto yang berbatasan dengan Desa Sumbergondo, Kecamatan Bumiaji Kota Batu. Susur sungai dilakukan untuk melihat kerusakan lahan dan fasilitas lainya yang diakibatkan banjir bandang yang menerjang 6 desa di Kecamatan Bumiaji Kota Batu beberapa waktu yang lalu.

Lokasi Dusun Sengonan ini yang lokasinya tepat diatas Dusun Sambong titik terparah terdampak banjir bandang. Sejumlah lahan pertanian terutama di Daerah Aliran Sungai (DAS) mengalami kerusakan yang cukup parah. Bahkan akses jembatan juga amblas. Namun untuk sementara jembatan digantikan dengan jembatan darurat yang terbuat dari bambu untuk warga yang ke kebun.

LIHAT VIDEO BERITA DI SINI.

Wawali yang juga Kasatgas Tanggap Bencana Kota Batu Punjul Santoso menjelaskan susur sungai dilakukan untuk melakukan pemetaan lokasi penanaman vetiver, dan tanaman tegakan untuk memperkuat daerah aliran sungai, mengantisipasi tanah longsor maupun banjir susulan.  Lokasi Dusun Sengonan ini sendiri pada hari kamis mendatang akan dilakukan bakti sosial masal penanaman vetiver bersama Gubernur Jatim, Kapolda dan Pangdam V Brawijaya.

Sebagaimana arahan yang diberikan BNPB, Pemerintah Kota Batu melakukan susur sungai sebagai rencana jangka pendek dalam upaya mitigasi. Guna melihat beberapa titik lokasi yang berpotensi menjadi sumbatan aliran air. Tanaman vertier sendiri rencananya akan ditanam massal di sepanjang Daerah Aliran Sungai Sambong, Sengonan, Sumbergondo hingga di hulu di Gunung Pucung. Sehingga potensi bencana bisa diredam.

Ary Punka Aji ATV