Serunya Belajar Main Gamelan Bareng Siswa SD Al Irsyad Batu

SD Plus Al Irsyad Al Islamiyah Kota Batu memiliki cara tersendiri untuk mengenalkan dan melestarikan budaya Jawa melalui musik gamelan. Meski tak memiliki kegiatan ekstrakurikuler gamelan maupun karawitan. Namun nyatanya siswa siswi SD Al Irsyad mampu, bermain alat musik gamelan dengan baik dibawah binaan sanggar gamelan Tim Penggerak PKK Kota Batu.

Serunya Belajar Main Gamelan Bareng Siswa SD Al Irsyad Batu
Serunya Belajar Main Gamelan Bareng Siswa SD Al Irsyad Batu

AGROPOLITAN.TV - Seperti inilah keseruan pembelajaran seni gamelan yang dilakukan oleh siswa siswi SD Plus Al Irsyad Al Islamiyah Kota Batu, dibawah binaan sanggar gamelan Tim Penggerak PKK Kota Batu. Sejumlah siswa nampak antusias belajar alat musik gamelan di Ruang Bina Bhakti Praja Pendopo Rumah Dinas Walikota Batu.

Meski di lingkungan sekolah tak memiliki kegiatan ekstrakurikuler gamelan maupun karawitan. Namun guru SD Al Irsyad Kota Batu terus bersemangat untuk mengenalkan dan melestarikan budaya jawa melalui musik gamelan.

Berawal dari ketidaksengajaan, karena adanya tugas kepramukaan yang mewajibkan sekolah dan siswa untuk membuat proyek kesenian. Pihak sekolah memutuskan untuk mengenalkan dan melatih siswa yang memiliki minat seni untuk belajar gamelan bareng sanggar gamelan Tim Penggerak PKK Kota Batu. Namun siapa sangka karena bakat dan minat seni yang cukup besar, meski baru beberapa kali belajar sejumlah siswa yang rata rata masih duduk di bangku kelas 4 sekolah dasar mampu memainkan alat musik gamelan dengan baik.

Para siswa sendiri mengaku meski baru pertama kali bermain gamelan namun mereka seakan diberi kemudahan dalam mengingat ketukan dan tangga nada gamelan. Bahkan meski mereka belum pernah memainkan gamelan sebelumnya.

Kemampuan dan bakat siswa dalam bermain gamelan membuat pihak sekolah semakin gencar melatih siswa berlatih alat musik gamelan. Lewat alat musik itu diharapkan kecintaan siswa terhadap budayanya semakin kental.

Afandi pelatih gamelan dari binaan sanggar gamelan Tim Penggerak PKK Kota Batu, mengatakan latihan musik gamelan ini sendiri dilakukan di luar pelajaran sekolah yakni di sela-sela kekosongan waktu siswa. Menurutnya, banyak manfaat yang bisa didapatkan siswa melalui musik budaya Jawa ini, mengingat usia mereka yang masih relatif muda, disertai dengan rasa penasaran akan perkembangan pola pikirnya yang akan terus berkembang.

Melalui seni gamelan ini ia berharap akan tumbuh rasa cinta terhadap kebudayaan dan kearifan lokal terlebih dalam dalam pelestarian budaya.

Ary Punka Aji ATV