Sekda Jatim Ajak Konsumsi Kopi & Kakao Lokal

Petani kopi dan kakao di wilayah Jawa Timur khususnya Malang Raya, masih sering mengeluhkan masalah harga kopi dan kakao yang tidak membawa keuntungan. Menanggapi hal ini, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Heru Tjahjono, menegaskan bahwa konsumsi produk kopi dan kakao dalam negeri harus terus ditingkatkan.

Sekda Jatim Ajak Konsumsi Kopi & Kakao Lokal
Sekda Jatim Ajak Konsumsi Kopi & Kakao Lokal

AGROPOLITAN.TV- Meski Kopi dan Kakao sebagai tanaman komoditas terbesar di dunia, namun tak jarang para petani mengeluhkan harga produknya yang tidak membawa keuntungan.

Terutama pada tanaman kopi, khususnya di Kabupaten Malang yang memiliki produktivitas tinggi di Jawa Timur. Rendahnya harga kopi ini, lantaran konsumsi masyarakat dalam negeri hanya mencapai 20 persen, berbeda dengan kopi dalam bentuk sachet mencapai 40 persen.

Menanggapi hal itu, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Heru Tjahjono, menegaskan agar penggemar kopi di Jawa Timur, memulai kebiasaan mengonsumsi kopi-kopi lokal. Hal ini disampaikan dalam kegiatan Gebyar Kopi dan Kakao Se-Jawa Timur pada Jumat kemarin.

LIHAT VIDEO BERITA DI SINI

Senada dengan hal ini, Wahyu selaku Penyuluh Pertanian Kabupaten Malang mengatakan, sejalan dengan mengonsumsi kopi-kopi lokal, pihaknya akan terus berupaya memberikan pendampingan pada para petani khususnya di Kabupaten Malang, agar terus meningkatkan kualitas kopi-kopi di Kabupaten Malang.

Benaya Harobu, ATV