Rubah Ruko Jadi Lahan Pertanian Urban Farming

Ubah ruko jadi lahan pertanian urban farming di tengah kota, Santoso warga Kota Malang ini berhasil mengembangkan produk sayur mayur dengan sistim hidroponik. untuk pemasaran, ruko yang berlokasi di jalan raya mulyorejo sekaligus menjadi tempat pemasaran.

Rubah Ruko Jadi Lahan Pertanian Urban Farming
Rubah Ruko Jadi Lahan Pertanian Urban Farming

AGROPOLITAN.TV- Ubah ruko jadi lahan pertanian urban farming di tengah kota, santoso warga Kota Malang ini berhasil mengembangkan produk sayur mayur dengan sistim hidroponik. untuk  pemasaran, ruko yang  berlokasi di jalan raya Mulyorejo sekaligus menjadi tempat pemasaran .

Santoso menjelaskan, ide menjadikan lahan ruko menjadi lahan urban farming, muncul saat massa pandemi, dimana dirinya lebih sering beraktifitas di rumah. Dengan dasar hobi dan suka bertanam, ahirnya Santoso memiliki ide untuk menanam sayuran dengan sistim hidroponik.Alhasil dengan ketekunanya dan belajar dari salah satu chanel  yutub tunas farm, ahirnya Santoso berhasil mengembangkan produk pertaniannya di lahan terbatas ruko lantai 2.

LIHAT VIDEO BERITA DI SINI

Beragam jenis tanaman sayuran berasil di produksi melalui sistim hidroponik dengan media air,mulai dari saladah, tomat, kacang panjang, sawi, dan jenis sayuran lain. Berbeda dengan sayuran yang di tanam dengan media tanah, menurut Santoso sayuran hidroponik ,lebih segar dan bebas pertisida meskipun  tidak 100 persen organik.

Urban farming yg di terapkan tidak membutuhkan lahan luas ,dengan lahan seluas 100 meter dengan total kapasitas 7.000 lubang  Jika keseluruhan lubang telah terisi, estimasi dapat memanen hingga 1,2 ton sayuran.

Saiful Akbar ATV