Ribuan Porsi Dibagikan Gratis,Warnai Festival Sego Empok di Hari Jadi Kota Batu Ke 21

Ribuan Porsi Dibagikan Gratis,Warnai Festival Sego Empok di Hari Jadi Kota Batu Ke 21
Ribuan Porsi Dibagikan Gratis,Warnai Festival Sego Empok di Hari Jadi Kota Batu Ke 21

AGROPOLITAN.TV- Kota Batu -Setelah absen selama dua tahun karena pandemi Covid-19, Festival Sego Empok kembali di gelar di halaman Balaikota Among Tani Kota Batu, Kamis (1/12).

Festival Sego Empok yang di gelar Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Batu, mengusung tema “Penganekaragaman Pangan Lokal Dukung Ketahanan Pangan Nasional” dengan tujuan memanfaatkan produk pangan lokal sebagai dukungan di saat krisis pangan dunia saat ini.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Batu, Heru Yulianto, mengatakan, festival yang digelar dalam rangka memeriahkan HUT Kota Batu dan HUT PKK Kota Batu ini, diikuti oleh 26 kelompok. Mereka terdiri dari 24 desa/kelurahan bersama Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan serta SMKN 1 Batu.

“Festival Sego Empok ini merupakan agenda tahunan dengan tujuan untuk mempromosikan produk pangan lokal kepada generasi muda dan masyarakat,” ungkap Heru.

Sementara Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batu, Zadim Efisiensi, dalam menyampaikan sambutan Wali Kota menjelaskan,  festival ini ditujukan untuk melestarikan makanan khas lokal dan memperkenalkannya ke generasi muda.

"Jadi, Sego empok menjadi tradisi wajib bagi Pemkot Batu dalam menjamu tamu-tamunya yang datang dari luar kota.Diharapkan dapat menjadi ciri khas Kota Batu, karena masih erat dengan makanan tradisional berbahan hasil bumi masyarakat Kota Batu," kata Sekda, saat membacakan sambutan Walikota Batu.

Usai membacakan sambutan Walikota Batu, Sekda Kota Batu Zadim Efisiensi menjelaskan, sego empok memiliki keseimbangan gizi yang bagus untuk tubuh. Semoga Festival Sego Empok 2022, ini mampu memacu minat masyarakat untuk minat memakan masakan warisan budaya lokal yang bergizi dan bercitarasa.

Sementara festival Sego Empok 2022 kali ini, dipilih lima sajian sego empok terbaik, yaitu dari Desa Beji, Desa Pandanrejo, Desa Sumberejo, Desa Sumbergondo dan Desa Junrejo dan untuk menambah kemeriahan festival sego empok di tahun berikutnya di harapkan nantinya diadakan lomba membuat sego empok.(Sumber  Kominfo/yc).