Pertunjukan Arjuna Bikin Takjub Mahasiswa Asing ISS UMM

Pertunjukan Arjuna Bikin Takjub Mahasiswa Asing ISS UMM
Walikota Batu memberi sambutan kepada peserta dan para tamu dalam pertunjukkan Mahasiswa Asing ISS UMM
Pertunjukan Arjuna Bikin Takjub Mahasiswa Asing ISS UMM

Agropolitan TV. Kisah Arjuna menyambut kedatanganan peserta International Student Summit (ISS) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) di Kota Batu. Dihadiri oleh 200-an mahasiswa asing, agenda tersebut merupakan gala dinner yang dilaksanakan di Sendratari Arjuna Wiwaha pada 28 November 2022. Para tamu dan mahasiswa juga disambut langsung oleh Walikota Batu Dewanti Rumpoko.

Menariknya, pertunjukan tersebut mengisahkan Arjuna yang sedang bertapa di Mahameru. Hal itu ia lakukan demi mendapatkan senjata pamungkas dan kesaktian dari para dewa guna menghadapi perang Batarayudha. Sayangnya, pada saat yang sama kayangan tempat para dewa diobrak-abrik olek raksasa bernama Niwatakawaca. Para dewa bingung dan lari serta mencari siapa yang bisa mengalahkan raksasa tersebut.

Hingga akhirnya Dewa Indra melihat Arjuna yang sedang bertapa dan memberikannya kesaktian dan senjata panah pasopati. Ia juga diminta untuk mengalahkan Niwatakawaca dengan bantuan Dewi Supraba. Akhirnya mereka berhasil memenangkan pertempuran dan Niwatakawaca dikalahkan. Kisah tersebut sukses membius para peserta ISS UMM. Apalagi dengan tambahan unsur-unsur kekinian yang tidak membuat bosan.

Dalam kesempatan yang sama, Dewanti mengatakan bahwa meski Batu merupakan kota kecil, namun memiliki keindahan yang luar biasa. Bukan hanya pemandangannya, tapi juga hasil pertanian dan perkebunan serta wisatanya yang melimpah. Menurutnya, ketika para mahasiswa lelah dan suntuk akan tugas, Kota Batu menjadi destinasi yang tepat dengan segala kelebihannya.

“Selamat datang peserta ISS UMM. Sendratari Arjuna Wiwaha ini juga menjadi tempat kebanggan kami dan dinas pariwisata. Di sini akan ditampilkan seni-seni tari dan drama polesan seniman yang ada di Batu. Malam hari ini, saudara juga akan menyaksikan kisah menarik yang disuguhkan oleh salah satu sanggar tari,” katanya.

Sementara itu, Wakil Rektor IV UMM, Dr. Sidik Sunaryo, M.Si. M.Hum. mengajak para peserta ISS untuk berbahagia. Menurutnya, malam itu menjadi salah satu momen yang bisa dikenang oleh para mahasiswa asing. Apalagi dengan pertunjukan budaya dan tari yang disuguhkan. 

Ia juga berterimakasih atas kesempatan yang diberikan pada UMM untuk menjadi tuan rumah ISS 2022. Sebagai kota yang dijadikan destinasi tujuan, Malang dan Batu memiliki beragam budaya. Keberagaman ini tercipta karena datangnya berbagai orang dari seluruh provinsi di indonesia, baik yang sedang menempuh kuliah maupun bekerja.

"Kedatangan para mahasiswa asing dari 46 negara ini juga akan menambah keanekaragaman yang ada di Malang. Saya berharap para mahasiswa asing yang datang ke program ISS 2022 dapat bersenang-senang dan dapat menikmati beragam sajian yang diberikan selama tiga hari ke depan," pungkas Sidik.