Pertashop Pelosok Desa, Dongkrak Roda Ekonomi Warga

Sementara peneliti senior pusat penelitian kebijakan ekonomi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang Joko Budi Santoso SE., ME menegaskan, konsep serta program pemerintah melalui PT Pertamina dalam menyamakan harga BBM baik kota maupun plosok pedesaan sangat baik. Selain bisa menyalurkan BBM ke warga di pelosok desa, keberadaan Unit Pertashop yg di kelola BUMD bisa menambah incam pendapadata asli desa untuk pembamgunan.

Pertashop Pelosok Desa, Dongkrak Roda Ekonomi Warga
Pertashop Pelosok Desa, Dongkrak Roda Ekonomi Warga

AGROPOLITAN.TV - Peneliti senior pusat penelitian kebijakan ekonomi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang Joko Budi Santoso SE., ME menegaskan, konsep serta program pemerintah melalui PT Pertamina dalam menyamakan harga BBM baik kota maupun plosok pedesaan sangat baik.

Selain memudahkan warga di pelosok desa dalam mendapatkan bahan bakar minyak BBM, keberadaan unit Pertashop yg dikelola badan usaha milik desa bisa menambah income pendapadatan asli desa untuk pembangunan.

LIHAT VIDEO BERITA DI SINI.

Joko Budi menambahkan, dalam upaya perlindungan konsumen terhadap BBM yang dijual di Pertashop, tentunya harus rutin dilakukan terulang terhadap pompa ukur BBM pada tiap nozzle dilakukan dengan menakar ulang, untuk mengantisipasi terjadinya kecurangan yang dilakukan oleh pengelola terkait ukuran dan takaran yang dapat merugikan masyarakat.

Di sisi lain keberadaan Pertashop yang dikelola BUMD harus memperhatikan keselamatan baik petugas ataupun konsumen, tentunya dengan menambahkan peralatan pencegah kebakaran seperti APAR maupun papan tulisan larangan merokok di sekitar Pertashop, bahkan jika perlu ditambahkan pula  toilet atau rest area, sehingga keberadaan Pertashop di pedesaan, menjadi replika dari sebuah SPBU.

Saiful Akbar ATV