Pertamina Dukung Mudik Aman Mudik Sehat Bersama BUMN 2022

Pertamina Dukung Mudik Aman Mudik Sehat Bersama BUMN 2022
Pertamina Dukung Mudik Aman Mudik Sehat Bersama BUMN 2022

agropolitan.tv-Jakarta, 27 April 2022 - Pertamina group turut berpartisipasi menyukseskan program mudik gratis Kementerian BUMN “Mudik Aman Mudik Sehat Bersama BUMN 2022”. Pertamina menyediakan 40 bus dengan pilihan 10 rute tujuan dan total 1.600 pemudik yang berangkat dari Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta menuju kota tujuan.

Program mudik gratis ini merupakan Kolaborasi 25 perusahaan BUMN dengan menyediakan 510 bus dan 24 Kereta Api yang akan memberangkatkan kurang lebih 40 ribu pemudik. Dengan puncak acara pelepasan (flag off) oleh Menteri BUMN Erick Thohir, program ini merupakan jawaban dari antusiasme masyarakat dalam melakukan perjalanan mudik Lebaran tahun 2022.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, kegiatan mudik ini bentuk koordinasi antar BUMN untuk mendukung arahan Presiden RI Joko Widodo melayani para pemudik. Dia berharap kegiatan mudik ini bisa berjalan aman dan lancar.

"Ini adalah amanah bagaimana pejabat publik harus bisa melayani rakyatnya dengan baik. Mudah-mudahan perjalanan mudiknya aman dan nyaman. Jangan lupa jaga protokol kesehatan juga, sama-sama kita jaga," kata Erick saat pelepasan rombongan mudik di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta, Rabu (27/4/2022).

Erick berharap, para pemudik tetap menjaga keamanan dan bersabar selama di perjalanan, terutama jika terjadi kemacetan. Tak lupa, Erick juga berpesan kepada pengemudi untuk berkendara dengan aman dan selamat.

"Mudah-mudahan kemacetannya tidak seperti yang dibayangkan, namun jika terjadi macet harap sabar, jangan mudah terprovokasi. Karena pemerintah semua berkoordinasi agar arus mudik ini lancar," kata Erick.

"Kepada pengemudi, saya berharap harus benar-benar dijaga. Jangan jadi pembalap. Dan yang penting sekali keamanan harus tetap dijaga," imbuh Erick.

Sementara itu, Direktur Penunjang Bisnis Pertamina, Dedi Sunardi yang hadir dalam kegiatan tersebut menyampaikan kesehatan dan keselamatan pemudik adalah hal yang paling utama dalam mendukung acara ini.

Untuk kesehatan, Pertamina bekerja sama dengan anak perusahaan yang bergerak di bidang pelayanan kesehatan PT Pertamina Bina Medika Indonesia Healthcare Corporation, atau biasa disingkat menjadi Pertamedika IHC, memastikan peserta mudik Pertamina telah melakukan vaksinasi dan dalam kondisi sehat, serta mematuhi protokol kesehatan. Adapun untuk kendaraan pemudik Pertamina bekerja sama dengan DAMRI memastikan keamanan dan kelayakan kendaraan untuk keselamatan pemudik hingga tiba di kota tujuan akhir.

“Partisipasi Pertamina dalam Program Mudik Aman Mudik Sehat Bersama BUMN 2022 merupakan bentuk #energiuntukistiqomah Pertamina untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin pulang kampung dengan nyaman dan aman,” ujar Dedi.

Dedi mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu acara ini. Ia berpesan kepada pemudik yang akan berangkat untuk selalu menjaga protokol kesehatan selama perjalanan hingga tiba di kota tujuan.

“Pertamina mengapresiasi upaya program 'Mudik Aman Mudik Sehat Bersama BUMN 2022' berbagi kebahagiaan dan keberkahan kepada pemudik agar mereka bisa berkumpul dengan sanak keluarga di kampung halaman. Terima kasih Pertamina sudah dilibatkan, semoga kontribusi kami ini dapat memberikan kemudahan, kenyamanan, keamanan, dan keselamatan pada Bapak Ibu dan keluarga, semoga selamat sampai tujuan," ujarnya.

Ia juga berpesan kepada awak bus serta sopir untuk selalu berhati-hati dan patuh terhadap peraturan lalu lintas yang berlaku. “Saya mengingatkan untuk selalu patuh kepada aturan yang berlaku, yang terpenting selamat sampai di tujuan. Semoga apa yang telah dilakukan menjadi amal ibadah bagi kita semua,” katanya.

Adapun dalam menghadapi mudik Lebaran Idul Fitri tahun ini, selain menyiapkan tambahan pasokan BBM di seluruh SPBU, Pertamina juga menyediakan layanan tambahan selama  periode Satgas Ramadan Idul Fitri (RAFI), seperti SPBU Siaga di wilayah jalur potensial (Jalur tol, Jalur wisata, jalur logistik) yang disiagakan 24 jam sebanyak 1.370 SPBU, sedangkan agen dan outlet LPG Siaga yang juga disiagakan hingga 24 jam khusus di wilayah dengan permintaan tinggi saat Ramadan dan Idul Fitri sebanyak 48 ribuan unit.

Sedangkan di lokasi yang tidak ada SPBU disiapkan juga Kiosk Pertamina Siaga yang menyediakan Pertamax dan Dex series sebanyak 85 unit yang tersebar di 47 lokasi. Pelayanan Motorist, yakni layanan antar untuk BBM (Pertamax/Dex series) untuk konsumen di lokasi-lokasi macet juga disiapkan sebanyak 339 unit. Selain itu, mobil tangki yang disiagakan sebagai kantong/cadangan suplai BBM juga disiapkan hingga 154 unit.

“Tak hanya itu, fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan Pertamedika juga kita siapkan untuk penyediaan pengecekan kesehatan termasuk ambulans. Semua kami kerahkan untuk meningkatkan pelayanan agar masyarakat aman dan nyaman dalam perjalanan mudik,” tutup Dedi (sfl)