Peringati Hari Lahirnya Pancasila Warga Batu Bersihkan Burung Garuda Dengan Air Kembang

Peringati Hari Lahirnya Pancasila Warga Batu Bersihkan Burung Garuda Dengan Air Kembang
Prosesi Jamasan Burung Garuda

Batu,Jawa Timur- Beragam cara di lakukan warga untuk memperingati hari lahirnya pancasila pada 1 juni, adapula  dengan kegiatan upacara serta dengan cara lainnya, kali ini  ada yang unik di lakukan warga asal Kota Batu, mereka melakukan jamasan memandikan burung garuda sebagai lambang negara yaitu pancasila  yang di milikinya dengan air kembang,Rabu (1/6/2022).

Jamasan atau mandikan air kembang burung garuda yang di lakukan warga Batu ini, berawal dari kecintaan mengoleksi benda benda pusaka dan budaya, warga asal Jalan Brantas, Kelurahan Sisir Kecamatan Batu, Kota Batu,menggangap burung garuda Pancasila adalah sebagai pusaka bangsa dan Pancasila merupakan dasar Negara atau lambang negara.

Bagi Sudarno yang juga tergabung dalam Gusdurian ini,  burung garuda merupakan lambang negara dan sebagai pusaka bangsa yang memiliki nilai ke sakralannya bisa mempersatukan beragam agama dan suku /maupun etnis menjadi negara kesatuan republik indonesia (NKRI).

"Selain itu pancasila merupakan dasar negara sehingga patut di lestarikan dan jaga untuk ke utuan negara dan bangsa,"kata Sudarno.

Sudarno menambahkan, jamasan burung garuda  ini merupakan tahun ketiga yang awalnya saya, lakukan sejak pertama kali pandemi covid-19 melanda negeri, dan ini juga sebagai bentuk ke cintaan terhadap bangsa dan negara dengan dasar pancasila.

"Harapan saya, untuk seluruh rakyat indonesia senantiasa menjaga nilai nilai yang terkandung dalam dasar negara kita yaitu pancasila dan di implementasikan dalam berkehidupan dalam  berbangsa dan bernegara yaitu negara kesatuan republik indonesia,"pungkasnya.(yc).