Peringati Hari Disabilitas Internasional Di Batu, Gubernur Minta Dudika Fasilitasi Magang(ABK) Dan Serap Lulusan SLB

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersama Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati, S.E, m.si, menghadiri penutupan unjuk gelar ketrampilan hasil karya Anak Disabilitas yang digelar sebagai peringatan hari Disabilitas Internsional di Kota Batu. Baik Menteri PPPA dan Gubernur Jatim takjub akan karya karya yang dihasilkan anak anak ABK. Gubernur meminta agar Dunia Usaha, Dunia Industri dan Dunia Kerja (DUDIKA) di Jatim untuk ikut berkontribusi dalam memfasilitasi dan memberikan peluang bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dan para lulusan Sekolah Luar Biasa (SLB) dalam mengembangkan keterampilan yang mereka miliki.

Peringati Hari Disabilitas Internasional Di Batu, Gubernur Minta Dudika Fasilitasi  Magang(ABK) Dan Serap Lulusan SLB
Peringati Hari Disabilitas Internasional Di Batu, Gubernur Minta Dudika Fasilitasi Magang(ABK) Dan Serap Lulusan SLB

AGROPOLITAN.TV- Dinas Pendidikan Provinsi Jatim menggelar Peringatan Hari Disabilitas Internasional Tahun 2021, dengan unjuk gelar ketrampilan hasil karya Anak Disabilitas Se-Jawa Timur yang digelar di Hotel Batu Suki Kota Batu.

Beragam karya hasil kerajinan dan juga ketrampilan anak anak Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dan siswa Sekolah Luar Biasa (SLB) se Jawatimur ditampilkan dalam kegiatan ini.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersama Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati, S.E, m.si, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jatim, Wahid Wahyudi dan juga Walikota Batu Dewanti Rumpoko hadir dalam penutupan acara ini.

Walikota Batu Dewanti Rumpoko menyampaikan terimakasih atas ditunjuknya Kota Batu menjadi tuan rumah acara unjuk gelar keterampilan anak disabilitas ini. Dirinya berharap kegiatan seperti ini bukan hanya diikuti dari lingkungan pendidikan khusus tapi bisa digelar secara umum. Karya anak-anak istimewa ini tidak kalah dari anak lainnya. Dewanti berharap dekranasda jatim bisa menampung hasil karya anak ABK dan siswa SLB ini. Agar anak anak semakin semangat untuk berkarya lebih baik lagi.

LIHAT VIDEO BERITA DI SINI

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dibuat takjub dengan penampilan dan juga hasil karya anak anak ABK dan siswa SLB. Untuk itu Khofifah meminta agar meminta agar Dunia Usaha, Dunia Industri dan Dunia Kerja (DUDIKA) di Jatim untuk ikut berkontribusi dalam memfasilitasi dan memberikan peluang bagi anak berkebutuhan khusus (ABK) dan para lulusan Sekolah Luar Biasa (SLB) dalam mengembangkan keterampilan yang mereka miliki.

Salah satunya melalui program magang kerja bagi para ABK. Dengan adanya program magang kerja tersebut, Khofifah berharap para siswa SLB dapat lebih siap menghadapi dunia kerja ketika lulus nanti. Selain itu, diharapkan dudika di Jatim juga dapat menyerap tenaga kerja yang berasal dari lulusan SLB.

 khofifah menyampaikan bahwa pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Pendidikan Provinsi Jatim terus mendorong pengembangan potensi dan kemandirian para ABK dan para lulusan SLB salah satunya melalui program Vokasi Istimewa. Program ini terus digencarkan untuk memfasilitasi para ABK dan lulusan SLB di Jatim agar memiliki skill atau keahlian dan terus mengembangkan potensinya agar nantinya bisa mandiri dan berdaya.

Dalam kesempatan ini juga turut dilakukan peluncuran website abkistimewa.id yang merupakan program inovasi dari bidang pembinaan pendidikan khusus pendidikan layanan khusus Dinas Pendidikan Provinsi Jatim. Abkistimewa.id merupakan website induk yang dikelola bidang pembinaan PK-PLK dan terintegrasi dengan website sekolah SLB se–Jatim. Dimana saat ini, SLB se-Jatim memulai proses digitalisasi pembelajaran. Nantinya Website ini akan menjadi wadah berupa market place, yang memajang hasil produk vokasi istimewa karya siswa ABK di SLB. Sehingga user bisa memilih dan bertransaksi langsung dengan siswa ataupun sekolah.

Diujung acara ini sangat surprise kedatangan tamu Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang yang hadir memberikan semangat ABK, berkeliling stand pameran serta menyumbangkan satu lagu untuk ABK.

Ary Punka Aji ATV