Perda Retribusi Pelayanan Kesehatan Diharapkan Tingkatkan Derajat Kesehatan Masyarakat

Dalam upaya pencapaian keberhasilan pembangunan kesehatan melalui pembentukan perda tentang retribusi pelayanan kesehatan nantinya harus disesuaikan dengan indikator-indikator. Hal tersebut disampaikan oleh juru bicara DPRD Kota Batu dalam rapat paripurna pandangan umum fraksi DPRD Kota Batu yang berlangsung di ruang rapat paripurna gedung DPRD Kota Batu.

Perda Retribusi Pelayanan Kesehatan Diharapkan Tingkatkan Derajat Kesehatan Masyarakat
Perda Retribusi Pelayanan Kesehatan Diharapkan Tingkatkan Derajat Kesehatan Masyarakat

AGROPOLITAN.TV - Dalam upaya pencapaian keberhasilan pembangunan kesehatan melalui pembentukan perda tentang retribusi pelayanan kesehatan nantinya harus disesuaikan dengan indikator-indikator. Hal tersebut disampaikan oleh juru bicara DPRD Kota Batu dalam rapat paripurna pandangan umum fraksi DPRD Kota Batu yang berlangsung di ruang rapat paripurna gedung DPRD Kota Batu.

Disampaikan oleh juru bicara fraksi DPRD Kota Batu, Nur Ali, indicator tersebut antara lain, peningkatan mutu pelayanan kesehatan yang efektif dan efisien - pengendalian biaya kesehatan yang terjangkau pemerataan upaya kesehatan dengan peran serta masyarakat untuk hidup sehat.

Selain itu, dengan dibentuknya Raperda Tentang Retribusi Pelayanan Kesehatan nantinya diharapkan dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang optimal melalui peningkatan kesehatan secara promotif, preventif dan kuratif serta rehabilitatif secara terpadu, serta akuntabilitas dan transparansi harus menjadi hal utama dari setiap pengelolaan retribusi pelayanan kesehatan sebagai upaya untuk dapat meminimalisir potensi penyimpangan dan kebocoran keuangan yang berdampak pada rendahnya tingkat kualitas manajemen tata kerja tempat pelayanan kesehatan.

LIHAT VIDEO BERITA DI SINI

Dalam pemungutan retribusi pelayanan kesehatan nantinya harus berbanding lurus dengan kualitas pelayanan. oleh karenanya harus ada upaya konkrit dari pemerintah daerah untuk lebih meningkatkan sarana dan prasarana pelayanan di puskesma-puskesmas yang ada serta harus diperhitungkan secara sungguh-sungguh kondisi riil yang ada di masyarakat sehingga tidak timbul resistensi yang siknifikan.

Dengan di bentuknya perda tentang retribusi pelayanan kesehatan ini nantinya diharapkan dalam hal penentuan tarif pelayanan kesehatan bukan hanya semata-mata sebagai upaya untuk peningkatan Pendapatan Asli Daerah saja, melainkan sebagai upaya dari Pemerintah Kota Batu untuk lebih meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan dengan mendorong peningkatan kinerja dan Pandangan Umum Gabungan Fraksi - Fraksi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Batu Tahun 2021 Hal 5 profesionalitas dari pelaksanan layanan kesehatan. Selain itu upaya peningkatan mutu pelayanan dapat dilakukan dengan meningkatkan biaya operasional puskesmas, maka untuk analisis biaya pelayanan di puskesmas agar berbasis real atau Unit Cost.

Abraham Patrikha ATV