Per Bulan Hasilkan Laba Bersih 9 Juta dari BUMD Pertashop

Hasilkan pendapatan bersih kurang lebih 10 juta per bulan, kini badan unit usaha desa berupa  Pertashop yang di kelola Desa Kali Songo Kecamatan Dau Kabupaten Malang, mampu mendongkrak perekonomian warga yang notabene hidup di plosok pedesaan. Bahkan untuk mengembangkan BUMD, pihak desa sudah mendesain pembangunam rest area di sekitaran area Pertashop.

Per Bulan Hasilkan Laba Bersih 9 Juta dari BUMD Pertashop
Per Bulan Hasilkan Laba Bersih 9 Juta dari BUMD Pertashop

AGROPOLITAN.TV - Sejak dilimpahkan sepenuhnya ke (BUMD) atau badan usaha milik Desa Kalisongo, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, pada bulan April 2021 yang lalu, saat ini keberadaan Pertashop yang merupakan program Pertamina untuk menjangkau BBM non subsidi di pedesaan khusunya di Desa Kalisongo semakin dirasakan manfaatnya bagi masyarakat pedesaan setempat.

Hal tersebut bisa dilihat dari  jumlah penjualan BBM jenis Pertamax dari pertashop Desa Kali Songo setiap harinya yang mencapai antara 1000 sampai 1500 liter per harinya.

Dengan kapasitas tangki 3000 kilo liter dan jatah 2000 kilo liter setiap satu kali isi BBM, badan usaha milik desa Pertashop Desa Kali Songo hampir 2 hari sekali harus mendapatkan kiriman BBM dari Pertamina untuk kebutuhan stok BBM khusunya Pertamax.

Kepala Desa Kalisongo Kali Songo Siswanto menjelaskan, keberadaan Pertashop yang di kelola desa melalui unit BUMD sangat bermanfaat bagi warga khususnya dalam pemenuhan bahan bakar minyak Pertamax.

LIHAT VIDEO BERITA DI SINI.

Harga yang sama dengan SPBU pada umumnya, Pertashop selain bisa memenuhi lebutuhan BBM bagi warga di pedesaan juga berdampak dari segi peningkatan perekonomian warga yang mayoritas petani dan peternak.

Dari segi pendapatan asli desa, keberadaan badan usaha milik desa Pertashop juga sudah terlihat. Terhitung sejak dikelola sepenuhnya pada bulan April sampai bulan Oktober tahun 2021, laba bersih dari penjualan BBM di Pertashoop sudah mencapai 60 juta lebih atau setiap bulanya hampir mencapai 9 juta rupiah.

Siswanto menambahkan, dalam waktu dekat pihaknya akan merubah wajah baru Pertashop dengan membangun rest area di sekitaran Pertashop, dengan penambahan ruko, rumah makan, taman bermain dan bangunan lainnya yang nantinya akan menampung para pelaku UMKM lokal dengan harapan perekonomian warga akan semakin meningkat. Pihaknya juga siap untuk menjual produk lain dari pertamina untuk melengkapi kebutuhan masyarakat seperti Dexlite, LPG Non Subsidi, serta pelumas produk Pertamina.

Saiful Akbar ATV