Pemkot Batu Bantu Penuh Pembangunan Rumah Warga Terdampak Banjir

Wakil Walikota Batu Punjul Santoso yang juga merupakan Komandan Satgas tanggap darurat bencana Kota Batu. Memastikan Pemkot Batu akan membantu penuh pembangunan rumah warga terdampak banjir. Baik bahan material, pembebasan tanah dan juga penyaluran tenaga relawan untuk memperbaiki dan membangun rumah.

Pemkot Batu Bantu Penuh Pembangunan Rumah Warga Terdampak Banjir
Pemkot Batu Bantu Penuh Pembangunan Rumah Warga Terdampak Banjir

AGROPOLITAN.TV - Proses pemulihan pasca tanggap darurat bencana banjir bandang di Kota Batu terus dilakukan. Selain normalisasi sungai, Pemkot Batu mulai membangun rumah warga terdampak banjir bandang. Total, ada delapan rumah yang hanyut hingga rusak berat.

Dari delapan rumah warga terdampak ini, sebagian besar sudah mulai dibangun. Khususnya bagi warga yang memiliki lahan pribadi. Mereka rela pindah ke lahan milik mereka sendiri yang lebih aman dan jauh dari bantaran sungai.

Sementara tiga warga lain yang tidak memiliki tanah selain lahan dibantaran sungai sambong. Akan difasilitasi Pemkot Batu untuk mencari lahan pengganti. Wakil Walikota Batu Punjul Santoso yang juga merupakan Komandan Satgas tanggap darurat bencana Kota Batu, mengaku sudah menemukan lahan yang sesuai sebagai tempat relokasi warga terdampak banjir sesuai dengan arahan Kepala Desa Bulukerto dan Camat Bumiaji.

LIHAT VIDEO BERITA DI SINI

Punjul Santoso menegaskan lahan relokasi ini seluas 110m2 dan akan ditempati untuk relokasi 2 kk warga terdampak. Sementara satu warga sudah membeli tanah sendiri. Punjul Santoso memastikan seluruh warga terdampak yang rumahnya rusak baik ringan, sedang dan berat akan difasilitasi oleh Pemkot Batu. Yang tidak memiliki tanah akan dicarikan sesuai spesifikasi yang diperbolehkan. Sedangkan yang rusak akan diperbaiki dan dibangun ulang. Seluruh biaya mulai pembebasan tanah material dan juga penyaluran tenaga relawan untuk memperbaiki dan membangun rumah, akan difasilitasi Pemkot Batu.

Selain meninjau lahan relokasi, wawali bersama rombongan juga memantau proses pembangunan dan renovasi rumah warga terdampak banjir di Desa Bulukerto.

Seperti rumah Rianto, warga Dusun Keliran Desa Bulukerto Kecamatan Bumiaji Kota Batu, yang merupakan salah satu korban banjir bandang Kota Batu. Saat ini, Rianto dibantu para relawan hingga personel TNI mulai membangun hunian baru,  di atas lahannya sendiri yang ada tepat di atas rumah sebelumnya yang hanyut diterjang banjir bandang. Rianto memutuskan pindah atau menurut anjuran pemerintah untuk relokasi, karena masih takut dan trauma jika harus tinggal di rumah di dekat sungai lagi.

Seperti diketahui masa tanggap darurat bencana di Kota Batu pasca diterjang banjir bandang ditetapkan selesai. Kini Kota Batu ditetapkan masuk masa transisi pemulihan yang diperkirakan memakan waktu dua bulan. Selain melakukan pembangunan rumah warga, dalam fase ini akan dilakukan upaya reboisasi pohon dan pembangunan das di sepanjang bantaran sungai sekira 4 kilometer.

Ary Punka Aji ATV