Pemerintah Daerah Fasilitasi Peran Serta Masyarakat Dalam Raperda Trantibum

Dalam Raperda Kota Batu tentang PKL juga dijelaskan serta diatur agar pemerintah daerah untuk memfasilitasi peran serta masyarakat hal ini dalam penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum serta perlindungan masyarakat.

Pemerintah Daerah Fasilitasi Peran Serta Masyarakat Dalam Raperda Trantibum
Pemerintah Daerah Fasilitasi Peran Serta Masyarakat Dalam Raperda Trantibum

AGROPOLITAN.TV - Hal tersebut dijelaskan dalam beberapa pasal Kota Batu tentang penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban serta perlindungan masyarakat. Di mana dapat dilakukan antara lain melalui beberapa cara.

Salah satunya yaitu, pembentukan bantuan penertiban, pasukan pengamanan masyarakat swakarsa, pos keamanan lingkungan, dan atau pos terpadu berdasarkan ketentuan peraturan-perundang-undangan yang berlaku.

Selain itu, program pembentukan dan pengembangan kader penegak Perda dan Peraturan Walikota; dan atau pemberian akses seluas-luasnya dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.  Dimana pemerintah Daerah memberikan jaminan keamanan dan pelindungan kepada pihak pelapor sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

LIHAT VIDEO BERITA DI SINI

Dan walikota dapat memberikan penghargaan kepada masyarakat yang membantu penyelenggaraan ketertiban umum serta Pelindungan Masyarakat sesuai peraturan perundang-undangan. Untuk pemberian piagam Penghargaan sebagaimana berlaku secara mutatis mutandis terhadap pemberian piagam penghargaan kepada Masyarakat.

Abraham Patrikha ATV