Pembangunan TPS3R Di Tiap Desa Untuk Tekan Volume Sampah Di TPA

Darurat sampah yang saat ini dialami oleh Kota Batu, ditindaklanjuti menjadi fokus pemerintah Kota Batu. Hal tersebut dengan langkah-langkah yang telah diambil untuk mengurangi volume sampah yang ada di TPA di Kota Batu. Salah satunya yaitu dengan pembangunan TPS3R di tiap-tiap desa yang ada di Kota Batu.

Pembangunan TPS3R Di Tiap Desa Untuk Tekan Volume Sampah Di TPA
Pembangunan TPS3R Di Tiap Desa Untuk Tekan Volume Sampah Di TPA

AGROPOLITAN.TV - Disampaikan oleh Wakil Ketua Komisi C DPRD Kota Batu, Didik Machmud, bahwa pembangunan TPS3R di tiap desa saat ini sangat diperlukan. Hal ini dilakukan untuk mengurangi jumlah beban sampah yang ada di TPA.

Tersebut dapat terjadi bila sampah di tiap-tiap desa dapat diolah terlebih dahulu di TPS3R ada di tiap desa. Nantinya beban sampah yang akan dikirim ke TPA dapat berkurang. Sehingga nanti beban sampah yang ada di TPA hanya berasal dari hotel ataupun tempat-tempat wisata.

TPS3R adalah Tempat Pengelolaan Sampah Reuse, Reduce, dan Recycle (mengurangi – menggunakan – daur ulang) lalu Pendekatan pengelolaan 3R mulai dari menjemput sampah dari tiap rumah, pemilah sampah, pengelolaan sampah organik yang akan dijadikan kompos.

Tujuan program ini adalah agar pemerintah memberikan sarana kepada masyarakat dikawasan permukiman padat yang ingin melaksanakan pengelolaan sampah berbasis masyarakat yang sesuai dengan pilihan dan kondisi lingkungan sekitar mereka.

Abraham Patrikha ATV