Pandemi Jadi Inspirasi Guru MAN Kota Batu Bikin Buku Bersama

Pandemi berkepanjangan memaksa dunia pendidikan beradaptasi dengan menerapkan program pembelajaran online, PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) dan Belajar Dari Rumah (BDR). Namun siapa sangka pengalaman belajar mengajar secara online selama pandemi, justru menjadi inspirasi bagi guru guru multi mata pelajaran, di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kota Batu dengan melaunching karya buku bersama inovasi pembelajaran selama pandemi.

Pandemi Jadi Inspirasi Guru MAN Kota Batu Bikin Buku Bersama
Pandemi Jadi Inspirasi Guru MAN Kota Batu Bikin Buku Bersama

AGROPOLITAN.TV - Merebaknya pandemi virus Covid-19 sejak awal tahun 2020 di dunia termasuk Indonesia sudah berdampak pada sektor pendidikan. Terkendalanya kegiatan belajar mengajar konvensional atau tatap muka memaksa pemerintah mengambil beberapa kebijakan di dunia pendidikan yang salah satunya adalah menggalakkan Belajar Dari Rumah (BDR), program pembelajaran online, dan PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh). Sehingga   guru dapat tetap mengajar secara daring menggunakan beberapa platform dan siswa belajar dengan didampingi oleh orang tua atau pengasuh di rumah.

Kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh (online) ini tidak bisa  dipungkiri, mau tidak mau memaksa guru terus mengasah kemampuannya  untuk bisa tetap melayani siswa dengan baik. Guru pun ditantang untuk bisa memberikan pelayanan pendidikan secara online.

Namun siapa sangka pengalaman memberikan pembelajaran secara daring, online dan jarak jauh, menjadi inspirasi tersendiri bagi guru guru multi mata pelajaran di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kota Batu. Justru mampu membuat buku inspiratif karya bersama “lelahmu inspirasiku”.

Buku “Lelahmu Inspirasiku” karya bersama 31 guru MAN Kota Batu ini tercipta atas  terpilihnya guru Man Kota Batu sebagai satu dari 1000 Guru Motivator Literasi (GML) Indonesia, yaitu: Rini Waraswati, S.Pd., M.Si. Dimana salah satu kewajiban sebagai Guru Motivator Literasi (GML) Indonesia harus mampu mengajak, mensupport dan memberikan pendampingan para guru untuk belajar dan berani menulis.

Dan setelah melewati masa pembuatan karya buku yang hanya berlangsung selama satu bulan saja. Serta proses pencetakan buku. Buku “Lelahmu Inspirasiku” karya bersama 31 guru MAN Kota Batu ini resmi dilaunching oleh guru dan kepala sekolah MAN Kota Batu di aula sekolah.

Drs. Farhadi M.Si kepala sekolah MAN Kota Batu memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya pada guru penulis, baik guru yang perna menulis, maupun guru yang belum pernah menulis, yang dalam waktu hanya 1 bulan telah berhasil menyelesaikan tulisannya. Hal ini membuktikan bahwa literasi MAN Kota Batu terus bergerak dan berkarya, meskipun di masa pandemi dengan adanya pendampingan oleh GML pada guru dalam kegiatan menulis.

Launching buku sendiri dilakukan secara sederhana di aula MAN Kota Batu yang ditandai dengan pemberian sertifikat dan buku karya bersama guru MAN Kota Batu “Lelahmu Inspirasiku” yang disambut suka cita oleh guru guru yang terlibat dalam proses pembuatan buku motivasi pembelajaran selama masa pandemi ini.

Rini Waraswati, S.Pd., M.Si. yang merupakan Guru Motivator Literasi (GML) Indonesia dari MAN Kota Batu mengaku banyak tantangan yang harus dihadapi dalam proses pembuatan buku karya bersama ini. Salah satu yang tersulit adalah meyakinkan guru dari berbagai mata pelajaran ini mampu untuk mengeluarkan ide kreatif mereka, berkarya dan membuat buku inspiratif. Rini Waraswati berharap buku ini mampu menjadi panduan dan inspirasi bagi guru lainnya untuk  memberikan pelayanan pendidikan yang maksimal bagi para siswa terlebih di masa pandemi.

Sementara itu salah satu guru mengaku sempat kesulitan saat pertama kali harus menulis terlebih menulis buku. Namun setelah menemukan ide, dirinya mengaku bisa menikmati membuat karya tulis. Mifta Al Faruqi berharap karya buku bersama ini bisa memotivasi dan menginspirasi guru guru lainnya untuk terus bersemangat memberikan pembelajaran bagi siswanya terlebih di masa pandemi.

Ary Punka Aji ATV