Musim Hujan, Tanaman Sayur Butuh Perawatan Extra

Musim penghujan kerap mengganggu aktivitas para petani, karena membuat hasil sayur yang mereka tanam dalan kondisi kurang baik. Pada musim penghujan biasanya para petani melakukan perawatan extra dengan menambahkan obat untuk mempertahankan produk sayuran tetap sehat di massa musim penghujan.

Musim Hujan, Tanaman Sayur Butuh Perawatan Extra
Musim Hujan, Tanaman Sayur Butuh Perawatan Extra

AGROPOLITAN.TV- Musim penghujan kerap mengganggu aktivitas para petani, karena membuat hasil sayur yang mereka tanam dalan kondisi kurang baik.

Pada musim penghujan biasanya para petani melakukan  perawatan extra dengan menambahkan obat untuk mempertahankan produk sayuran tetap sehat di massa musim penghujan.

Intensitas curah hujan yang tinggi , terutama pada malam hari menurut petani menjadi permasalahan tersendiri,karena berakibat pada pertumbuhan tanaman serta kerusakan daun.

Sulianto petani warga desa Sumberejo menjelaskan. intensitas curah hujan yang tinggi berdampak pada kerusakan daun serta akar tanaman .

Dan untuk mengatasi masalah tersebut, dirinya harus meberikan perawatan extra degan menambah komposisi obat atau vitamin untuk tanaman .

Belum, lagi hama, menurut Sulianto, di musim penghujan, akan muncul beragam jenis hama yang menyerang tanaman, baik itu ulat, jamur, serangga  atau ataupun gulma yang otomatis menghambat pertumbuhan produk sayuran.

Sekedar perlu di ketahui, pada musim hujan  tanaman akan lebih rawan hama penyakit, terutama pada tanaman sayuran. Salah satunya disebabkan karena secara alami air hujan yang bersifat asam.

Menurut penelitian kandungan asam pada air hujan menyebabkan lapisan lilin pada daun rusak sehingga nutrisi menghilang sehingga tanaman tidak tahan terhadap keadaan dingin, jamur dan serangga. Pertumbuhan akar menjadi lambat sehingga lebih sedikit nutrisi yang bisa diambil, dan mineral-mineral penting menjadi hilang.

Saiful Akbar ATV