Meski Sudah Pakai STB Warga Tumpang Tetap Butuh Booster Untuk Menangkap Siaran TV Digital

Gaung Analog Switch Off (ASO) atau migrasi siaran analog ke TV digital sudah didengar sebagian besar warga Malang Raya. Sejumlah warga di wilayah Malang pun penasaran untuk mendapatkan siaran TV digital. Namun warga Kabupaten Malang yang rumahnya jauh dari jangkauan pemancar televisi. Meski sudah memasang Set Top Box (STB) mereka masih perlu menggunakan tambahan alat booster dari antena sebelum disambungkan ke STB untuk menangkap siaran televisi digital.

Meski Sudah Pakai STB Warga Tumpang Tetap Butuh Booster Untuk Menangkap Siaran TV Digital
Meski Sudah Pakai STB Warga Tumpang Tetap Butuh Booster Untuk Menangkap Siaran TV Digital

AGROPOLITAN.TV - Gaung Analog Switch Off (ASO) atau migrasi siaran analog ke TV digital sudah didengar sebagian besar warga Malang Raya. Sejumlah warga di wilayah Malang pun penasaran untuk mendapatkan siaran TV digital. Sejumlah warga mulai penasaran dan menggunakan Setup Box atau STB untuk menikmati siaran televisi digital.

Seperti sejumlah warga di Desa Tumpang, Kabupaten Malang. Sejak mendapat pembagian STB gratis dari stasiun TVRI Jawa Timur, warga sudah bisa menikmati siaran TV digital. Meski sudah memasang Set Top Box, namun warga Kabupaten Malang yang rumahnya jauh dari jangkauan pemancar televisi. Serta kondisi wilayah Malang Raya yang merupakan bukit dan pegunungan, membuat pemasangan setup box terkendala dan kurang optimal untuk mendapat kualitas prima siaran TV digital. Warga pun berinisiatif untuk menambahkan alat booster televisi. Dengan tambahan booster antena ini. Di lokasi yang jaraknya mencapai 36 kilometer dari pemancar bisa menerima siaran TV digital dengan baik.    

Salah satu warga Tumpang Supriyanto menjelaskan meski sudah memasang STB untuk mendapat siaran TV digital di wilayah Dusun Ledoksari Desa Tumpang Kabupaten Malang, kualitas gambar yang diterima kurang optimal. Namun setelah ditambahkan booster antena yang pemasangannya pun sangat mudah, dengan menyalurkan kabel antena UHF ke booster televisi untuk kemudian disalurkan ke Setup Box dan terakhir disalurkan ke televisi. Hasilnya selain kualitas gambar lebih jernih, sejumlah siaran TV bisa ditangkap dengan tambahan alat booster dan STB ini.

Sementara itu Nabil warga Desa Tumpang Kabupaten Malang lainnya juga mengakui jika penambahan booster antena TV yang dipadukan dengan Set Top Box membuat penerimaan sinyal TV digital bisa lebih maksimal sehingga kualitas video dan audio televisi bisa optimal.

Dengan adanya TV digital, warga bisa menikmati siaran televisi dengan gambar yang bersih, suara jernih dan canggih teknologinya. Untuk di wilayah Malang Raya sendiri, pemberlakukan migrasi siaran analog ke siaran TV digital, masuk ke tahap tiga yakni pada bulan November 2022 mendatang.

Ary Punka Aji ATV