Meski Belum Ada Kepastian, Kantor Kemenag Kota Batu Tetap Lakukan Kesiapan Haji

Serangan pandemi Covid-19 masih menghantui pelaksanaan ibadah haji tahun ini. Meski belum ada kepastian, kantor Kemenag Kota Batu tetap lakukan kesiapan haji. Menjaga kesiapan mental dan fisik Jemaah Calon Haji (JCH) Kota Batu, dengan tetap melaksanakan manasik haji dengan menerapkan protokol kesehatan. Hal ini dilakukan agar JCH benar-benar siap ketika sewaktu-waktu pemerintah arab saudi benar-benar memberikan kuota untuk JCH Indonesia.

Meski Belum Ada Kepastian, Kantor Kemenag Kota Batu Tetap Lakukan Kesiapan Haji
Meski Belum Ada Kepastian, Kantor Kemenag Kota Batu Tetap Lakukan Kesiapan Haji

AGROPOLITAN.TV - Kementrian Agama Pemerintah Indonesia sejak dua tahun terahir memilih tidak memberangkatkan calon jamaah haji dikarenakan serangan pandemi Covid-19. Meski sudah mulai membaik yang ditandai dengan dibukanya pelaksanaan ibadah umroh. Namun kepastian pelaksanaan ibadah haji tahun 2022 ini masih belum jelas dan belum pasti.

Meski belum ada kepastian, kantor Kemenag Kota Batu tetap lakukan kesiapan haji. Menjaga kesiapan mental dan fisik Jemaah Calon Haji (JCH) Kota Batu, dengan tetap melaksanakan manasik haji dengan menerapkan protokol kesehatan. Hal ini dilakukan agar JCH benar-benar siap ketika sewaktu-waktu Pemerintah Arab Saudi benar-benar memberikan kuota untuk JCH Indonesia.

Hal ini dikemukakan oleh Kasi Penyelenggara Haji Dan Umrah (PHU) Kantor Kemenag Kota Batu Rahmatullah, S. Sos, Mm. Hingga saat ini Kantor Kemenag Kota Batu masih menunggu pemberitahuan dari Kemenag RI yang juga masih menunggu pemberitahuan dari Pemerintah Arab Saudi.

Berjaga-jaga agar JCH tahun 2020 yang gagal berangkat siap untuk diberangkatkan jika memang ibadah haji sudah dibuka. Kemenag Kota Batu fokus mempersiapkan kebutuhan JCH, seperti masa paspor JCH yang sudah habis dan melakukan vaksin meningitis. Selain itu untuk menguatkan mental calon jamaah haji, dengan menggencarkan manasik.        

Rahmat menambahkan pihaknya belum mengetahui berapa kuota JCH Kota Batu yang diperbolehkan ke tanah suci jika Pemerintah Arab Saudi membolehkan. Jumlah calon jamaah haji dari Kota Batu yang sudah terdaftar sekitar 167 orang. Terkait informasi vaksin semua jenis dibolehkan, nanti ada beberapa tambahan vaksin booster yang dilakukan.

Ary Punka Aji ATV