Menteri PANRB Serahkan Hasil Evaluasi SAKIP, RB, ZI dan Penganugerahan Pelayanan Publik

Menteri PANRB Serahkan Hasil Evaluasi SAKIP, RB, ZI dan  Penganugerahan Pelayanan Publik
Menteri PANRB Serahkan Hasil Evaluasi SAKIP, RB, ZI dan  Penganugerahan Pelayanan Publik

AGROPOLITAN.TV,Jakarta- Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) akan menyerahkan hasil evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), Reformasi Birokrasi (RB), Zona Integritas (ZI), serta penganugerahan pelayanan publik kepada instansi pemerintah. Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas akan memberikan penghargaan tersebut pada Selasa, 6 Desember 2022 pukul 08.30 WIB.

“Kegiatan ini merupakan bagian akhir dari serangkaian proses evaluasi yang dilakukan Kementerian PANRB kepada seluruh instansi pemerintah di tahun 2022,” ujar Sekretaris Kementerian PANRB Rini Widyantini, di Jakarta, Senin (05/12).

Penganugerahan pelayanan publik serta hasil evaluasi SAKIP, RB, dan ZI ini merupakan apresiasi kepada instansi pemerintah yang telah memberikan upaya terbaiknya dalam mengelola birokrasi dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Selain itu juga memberikan motivasi kepada instansi untuk selalu berbenah melakukan reformasi birokrasi yang berdampak nyata bagi masyarakat.

Penganugerahan pelayanan publik akan diberikan atas hasil evaluasi kinerja unit penyelenggara pelayanan publik (UPP), penyedia sarana dan prasarana ramah kelompok rentan, serta Top Terpuji 45 inovasi pelayanan publik dan 5 pemenang Outstanding Achievement of Public Services dari Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) 2022. Dalam kesempatan ini, juga akan diberikan penganugerahan untuk pembina pelayanan publik terbaik. 

Sedangkan, penganugerahan RB diberikan atas hasil evaluasi SAKIP, RB, serta Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Penyerahan piagam SAKIP dan RB diberikan kepada instansi pemerintah daerah yang telah berhasil meraih predikat A dan BB di tahun 2022 ini. Sementara ZI akan diwakili 18 unit kerja.

Kegiatan ini akan dihadiri oleh Menteri Kabinet Indonesia Maju, kepala lembaga, gubernur, wali kota, dan bupati. Acara ini juga akan ditayangkan melalui YouTube Kementerian PANRB.(yc).