Memulai Bisnis sebagai Resseler Scrapbook, Kini Bisnisnya Tembus Pasar Internasional

Memulai Bisnis sebagai Resseler Scrapbook, Kini Bisnisnya Tembus Pasar Internasional
Memulai sebagai Reseller, kini bisnisnya berkembang sampai manca negara

Agropolitan TV - Kota Malang Muhammad Hakim Syaiful warga Sukun Kota Malang sukses menjadi pengrajin gift dan souvenir. Mulai dari hadiah wedding, engagement, wisuda, farewell bahkan ulang tahun untuk orang terdekat.

Dirinya mengaku mulai merintis usahanya sejak tahun 2016 dengan awalnya menjadi reseller dan hanya menyediakan satu jenis produk saja. Pada tahun 2020 hakim mulai fokus mengembangkan bisnisnya dengan memperbanyak produk dan mulai membranding di berbagai media sosial. 

Menurutnya, produknya bisa dipesan melalui online store yang ada di berbagai marketplace seperti shopee, tokopedia, tiktok shop, facebook dan instragram karena saat ini belum mempunyai toko offline. Pembeli bisa pesan secara custom berdasarkan budget yang dimiliki. Sehingga tidak ada patokan harga khusus untuk di setiap produk, harganya mulai dari Rp 20 ribu rupiah.

"Kalo harganya sendiri mulai 20 ribu ada. Untuk costumer kita tidak berpatokan dengan harga sih, bisa menyesuaikan  budget sesuai permintaan. Punya badget berapa, kepinginnya gimana, kita buatkan",tutur pria yang akrab disapa Hakim pada ATV Selasa, (28/06/2022) 

Hakim juga menambahkan, dalam proses pengerjaannya, dirinya tidak sendirian karena kini sudah memiliki tiga orang karyawan yang bisa membantunya.

"Karyawan ada 3 mas, desain, pengerjaan sama kurir",ungkapnya disela-sela wawancara.

Dalam pengerjaannya pun bervariasi, tergantung dari kerumitan permintaan dari konsumen, mulai dari sehari langsung jadi, bahkan hingga 7 hari.

Disamping itu ia juga mengungkapkan, kini produknya tidak hanya dikirim ke seluruh kota yang ada di Indonesia melainkan juga ke  beberapa negara.

"Ada mas. Ke Dubai kita pernah, Thailand kita pernah, Malaysia kita pernah, Singapura juga pernah",pungkasnya.

Reporter : Akmal Farodis

Editor : Huda Prastoto