Masjid An-Nur Sediakan 500-700 Porsi Menu Berbuka Selama Ramadhan

Setelah terpaksa ditiadakan selama dua Ramadhan karena pandemi covid-19. Masjid Agung An-Nur Kota Batu kembali menggelar tradisi menyediakan hidangan takjil hingga menu berbuka bagi jamaah masjid. Tiap harinya takmir masjid menyediakan 500 hingga 700 porsi menu berbuka secara gratis.

Masjid An-Nur Sediakan 500-700 Porsi Menu Berbuka Selama Ramadhan
Masjid An-Nur Sediakan 500-700 Porsi Menu Berbuka Selama Ramadhan

AGROPOLITAN.TV - Tradisi menyediakan hidangan takjil hingga menu berbuka selalu melekat di bulan suci Ramadhan. Salah satunya yang kerap digelar oleh Masjid Agung An Nur Kota Batu. Meski sempat ditiadakan karena pandemi Covid-19. Ramadhan 1443 H tahun ini takmir Masjid An-Nur kembali menggelar tradisi berbagi menu berbuka.

Salah satu masjid terbesar di Kota Batu  yang berada di Jalan Gajah Mada, tepat di seberang Alun-Alun Kota Batu ini memang rutin menggelar tradisi berbagi menu berbuka tiap memasuki bulan Ramadhan. Pada Ramadan 1443 Hijriah ini, masjid an nur kota batu menyediakan ratusan 500 hingga 700 porsi makanan untuk berbuka lengkap dengan hidangan takjil. Menu tersebut tentunya disiapkan  bagi umat muslim yang menjalankan ibadah puasa dan membatalkan puasanya di Masjid An Nur Kota Batu.

Ibrahim Sholahudin takmir Masjid An Nur Kota Batu mengatakan bahwa menyediakan makanan dan takjil untuk berbuka sudah menjadi tradisi di Masjid An Nur Kota Batu. Hal itu juga menjadi bentuk kepedulian terhadap sesama muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa. Seluruh biaya untuk penyediaan menu berbuka gratis ini merupakan sumbangan dari jamaah masjid, dan juga patungan takmir masjid.

Lebih lanjut Ibrahim menambahkan tahun ini seiring dengan kebijakan akibat pandemi Covid-19 sudah lebih longgar. Takmir masjid juga membuat sejumlah program kegiatan selama bulan ramadhan. Mulai pengajian ba’da subuh, tadarus, sholat tarawih hingga qiyamul lail dan sahur bersama di akhir bulan Ramadhan.

Untuk tahun ini panitia menyiapkan 3 ekor sapi sebagai menu makanan untuk berbuka. Menu setiap hari yang akan disajikan berbeda tergantung  menu yang disediakan dimasak sendiri oleh pengurus beserta remaja masjid setiap harinya. Buka bersama ini tidak hanya bagi warga Batu, namun juga ada warga dari luar Kota Batu ketika berwisata ke Kota Batu. Itulah mengapa tiap akhir pekan hari Sabtu dan Ahad, panitia melebihkan jumlah porsi menu berbuka yang dibagikan, seiring dengan meningkatnya kunjungan wisata ke Kota Batu. .

Dengan adanya menu berbuka dan takjil yang disediakan, membuat banyak warga dan wisatawan yang shalat maghrib di Masjid An Nur. Bahkan saat suara bedug terdengar dan disusul adzan, semua orang bergegas berbuka dengan memakan takjil yang ada. Selesai shalat maghrib, jamaah kembali antre untuk menyantap menu berbuka.

Ary Punka Aji ATV