Mahasiswa UM Bikin Card Game Berbalut Budaya Lokal Indonesia

Lima orang mahasiswa di Universitas Negeri Malang merancang card game, atau kartu bermain dengan mengangkat budaya lokal Indonesia.

Mahasiswa UM Bikin Card Game Berbalut Budaya Lokal Indonesia
Mahasiswa UM Bikin Card Game Berbalut Budaya Lokal Indonesia

AGROPOLITAN.TV - Inilah Rifki Fajar Fitrianto, Alif Hanifatur Rosyidah, Dzanun Fansyiari Austi, Dwi Hartanto dan Hafizah Islami Rahmadina. Mereka merupakan mahasiswa Universitas Negeri Malang yang berhasil menciptakan card game dengan mengangkat budaya lokal Indonesia.

Kartu permainan yang mengangkat tokoh pewayangan tersebut diberi nama Amogasakti. Card game tersebut juga diinovasikan dengan teknologi augmented reality.

Teknologi augmented reality tersebut, bila disandingkan pada android smartphone maka dapat memunculkan figure tokoh wayang secara tiga dimensi untuk meningkatkan engangement permainan.

Mewakili tim, Rifki Fajar Fitrianto menjelaskan, pemilihan tokoh wayang ke dalam card game, karena dirasa cocok dengan konsep timnya. Selain itu, kesaktian para karakter juga tergolong unik untuk digunakan.

Dalam satu box kartu ini terdapat 45 lembar kartu. Dengan dua orang pemain, card game ini sudah dapat dimainkan. Selain itu, di dalam box juga terdapat petunjuk cara bermain.

Card game Amogasakti, juga memiliki komik. Sehingga selain memberikan kesenangan, pengguna juga dapat mendapatkan pengetahuan dari Amogasakti.

Rifki juga menambahkan, timnya optimis bahwa card game-nya akan laku di pasaran, karena selain menyasar pasar budaya, timnya juga menyasar pasar permainan di indonesia.

Kartu permainan Amogasakti sendiri bisa dibeli melalui instagram di @amogasakti.id, atau tokopedia Amogasakti. Sedangkan aplikasinya bisa diunduh secara gratis di playstore.

Benaya R. Harobu, ATV