Lulus PPG FKIP UMM 2143 Guru Profesional Siap Mengabdi

Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang (FKIP UMM) mengukuhkan 2.143 peserta pendidikan profesi guru, di aula GKB 4. Usai diwisuda dan diambil sumpahnya guru guru profesional ini siap mengabdikan diri sebagai pendidikan dengan beragam inovasi pendidikan.

Lulus PPG FKIP UMM 2143 Guru Profesional Siap Mengabdi
Lulus PPG FKIP UMM 2143 Guru Profesional Siap Mengabdi

AGROPOLITAN.TV - Program Pendidikan Profesi Guru (Profesi PPG) merupakan program yang membantu pendidikan profesi bagi guru dan calon guru. Tujuannya adalah memfasilitasi para guru atau calon guru untuk meningkatkan kompetensi mereka dalam hal belajar mengajar.

Sebagai bentuk apresiasi keberhasilan 2.143 peserta pendidikan profesi guru Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang (FKIP UMM). Dalam menempuh pendidikan guru. Guru guru profesional ini diwisuda dan diambil sumpahnya, di aula GKB 4 Universitas Muhammadiyah Malang. Peserta yang dikukuhkan terdiri peserta PPG Pra Jabatan (Prajab) dan PPG Dalam Jabatan (Daljab).      

Pengukuhan dan pengambilan sumpah ini dilakukan setelah mahasiswa PPG dinyatakan lulus dengan nilai 70 Ujian Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Guru (UKMPPG). Para guru profesional ini pun siap mengabdi. Pelaksanaan wisuda ini digelar secara luring dan daring. Luring hanya diikuti oleh 184 perwakilan PPG prajab dan daljab dari 30 provinsi dan 285 kota/kabupaten yang terdiri dari lulusan PPG pendidikan bahasa Inggris, pendidikan matematika, bahasa Indonesia, PPKN, keperawatan, agribisnis produksi tanaman, perikanan hingga PGSD.

Pengukuhan dan pengambilan sumpah dilakukan Rektor UMM Dr Fauzan M.Pd yang diikuti seluruh peserta PPG daring maupun luring. Apresiasi tinggi  kepada civitas akademika UMM yang telah memfasilitasi dan memastikan para calon pendidik Indonesia mendapat yang terbaik dalam bidang keilmuan. Semoga selanjutnya UMM akan terus menghadirkan calon-calon pendidik masa depan yang mempunyai semangat dan daya juang dalam menjalani profesi mereka. Tak sekedar menjadi guru namun harus bisa mengembalikan fungsi guru sebagai pendidik yang sesungguhnya dengan mengedepankan asah, asih, asuh. Untuk menciptakan manusia yang beradab.

Sementara itu dekan FKIP UMM Dr Handayani Trisakti Mm mengatakan sebelum dinyatakan lulus, peserta PPG daljab dan prajab telah menempuh pendidikan selama 3 bulan PPG untuk daljab dan 1 tahun (2semester) untuk prajab. Nantinya guru guru profesional ini harus mengimplementasikan pembelajaran. Mengintegrasikan kemampuan literasi, kecakapan pengetahuan, keterampilan dan sikap, serta penguasaan terhadap teknologi. Higher order thinking skill, siswa harus diajarkan berpikir tingkat tinggi. Artinya para guru tidak hanya mengajak siswanya mengetahui tentang segala sesuatu, tetapi bagaimana siswa diarahkan untuk menganalisis dan mengkomunikasikan.

Prosesesi pengukuhan dan pengambilan sumpah profesi furu PPG dalam jabatan dan prajabatan program studi pendidikan profesi furu fakultas keguruan dan ilmu pendidikan UMM, berjalan lancar dan khidmad. Usai mendapat sertifikat pendidik. Peserta langsung melakukan sumpah profesi. Yang dilanjutkan dengan serangkaian acara lainya termasuk peluncuran karya mahasiswa PPG FKIP UMM.

Meski cukup singkat, namun sejumlah mahasiswa mengaku mendapat pengalaman yang beragam dalam inovasi pendidikan. Nantinya ilmu dan inovasi pendidikan yang didapat akan diterapkan di dunia pendidikan saat mengajar.

Ary Punka Aji ATV