Kontes Tanaman Hias Geliatkan Kembali Hobby Dan Roda Ekonomi Tanaman Hias

Meski sempat terganggu dengan pandemi Covid-19 yang berkepanjangan, namun hobby tanaman hias masih memiliki penggemar setia. Terbukti kontes tanaman hias yang baru pertama kali digelar selama pandemi di Kota Batu ini, mampu menarik minat pecinta tanaman hias dari beberapa kota di Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Kontes Tanaman Hias Geliatkan Kembali Hobby Dan Roda Ekonomi Tanaman Hias
Kontes Tanaman Hias Geliatkan Kembali Hobby Dan Roda Ekonomi Tanaman Hias

AGROPOLITAN.TV - Setelah kasus pandemi Covid-19 agak mereda, geliat penghobi tanaman hias terus berkembang. Berbagai event dan kontes tanaman hias coba digelar untuk membangkitkan kembali hobby dan roda perekonomian dari tanaman hias.

Seperti yang terlihat dalam kontes tanaman hias yang digelar di Desa Sidomulyo Kota Batu. Ada sekitar 300 peserta dari Jawa Timur dan Jawa Tengah yang ikut ambil bagian dalam kontes ini. Berbagai jenis tanaman hias diperlombakan, mulai dari Sanseiviera, Syngonium, Anthurium dan berbagai jenis Aroid yang harganya mencapai puluhan juta rupiah.

Awalnya, panitia membuat kontes ini dengan skala lokal, namun antusiasme peserta dari beberapa kota di Jawa Timur dan Jawa Tengah cukup tinggi dalam kontes ini dengan total hadiah 19 juta rupiah ini. Dalam beberapa tahun terakhir, kualitas tanaman hias tumbuh cukup pesat, hal inilah yang membuat juri harus berdebat untuk menentukan tanaman hias yang terbaik. Penampilan tanaman hias dan kondisi kesehatan menjadi penilaian bagi juri untuk menentukan pemenang.

Selain memperebutkan hadiah, kontes tanaman hias juga menjadi adu gengsi bagi pecinta tanaman. Tak heran jika tanaman hias yang keluar sebagai pemenang harganya akan melambung.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kota Batu menyambut baik, kontes yang diadakan secara mandiri oleh pecinta tanaman hias Kota Batu. Melalui kontes ini diketahui potensi Kota Batu dalam tanaman hias cukup tinggi selain dari Bunga Anggrek dan Bonsai.

Selain kontes, lelang tanaman hias juga turut meramaikan event yang baru pertama digelar selama pandemi ini. Tanaman hias mulai dari harga ratusan ribu hingga tiga puluh juta rupiah mampu terjual dalam lelang ini.

 Ary Punka Aji ATV