KMD Ke-4 Kota Batu Manfaatkan Teknologi Digital Untuk Hindari Kontak Langsung

Kwartir cabang gerakan pramuka Kota Batu menggelar Kursus Mahir Dasar (KMD) yang dilaksanakan di bumi perkemahan gembala baik Kota Batu. Acara yang digelar dengan menerapkan protokol kesehatan dan memanfaatkan teknologi digital ini, selain untuk membentuk pembina pramuka mahir, KMD ini menggembleng anggota pramuka sebagai garda penolong bencana dan pembantu Satgas Covid19.

KMD Ke-4 Kota Batu Manfaatkan Teknologi Digital Untuk Hindari Kontak Langsung
KMD Ke-4 Kota Batu Manfaatkan Teknologi Digital Untuk Hindari Kontak Langsung
AGROPOLITAN.TV - Kwartir cabang gerakan pramuka Kota Batu menggelar  Kursus Mahir Dasar (KMD) yang dilaksanakan di Bumi Perkemahan Gembala Baik Kota batu. KMD ke-4 ini diikuti 44 peserta dari berbagai kalangan di Kota Batu. Terutama guru pembina pramuka di tingkat sekolah dasar hingga menengah.

Acara yang dihadiri ketua kwartir cabang gerakan pramuka Kota Batu Ir Punjul Santoso ini digelar dengan menerapkan standart protokol kesehatan Covid19. Mulai dari wajib bermasker, sering cuci tangan dan jaga jarak.

LIHAT VIDEO BERITA DI SINI

Berbeda dengan KMD sebelumnya yang banyak menggunakan kertas, dalam kegiatan kali ini diganti dengan teknologi digital. Seperti pretest dilaksanakan menggunakan google form. Sehingga ujian langsung dilaksanakan dengan HP masing-masing, untuk mengurangi sentuhan langsung dan tatap muka untuk mengurangi resiko penularan Covid19.

Punjul Santoso   mengatakan di Kota Batu ini terdapat 150 lembaga pendidikan, baru 30 persennya memiliki pembina yang pernah mengikuti KMD. Lewat kegiatan ini kami berharap semakin banyak pembina yang memiliki kompetensi. Lewat kegiatan ini diharapkan di tiap sekolah ada pembina mahir, sehingga mampu meneruskan pembinaan dan regenerasi pramuka.

Sementara itu Alik Suharyani menjelaskan kegiatan kmd ini dilaksanakan selama 3 hari teori di Bumi Perkemahan Gembala Baik dan 2 hari praktik di Bumi Perkemahan Sahabat Alam Karangploso. Selepas KMD ini, para peserta punya tugas pengembangan, yakni membuat makalah nara karya, sebagai pemenuhan tugas pengembangan dan akan menjadi modal untuk mengikuti Kursus Mahir Lanjutan (KML).

            

Ary Punka Aji ATV