Kebutuhan Uang di Bulan Ramadan dan Idul Fitri 1443 H Meningkat ,BI Malang : Siapkan 4,6 Triliun

Menyambut bulan Ramadan dan Idul Fitri 1443 H, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Malang menyiapkan uang kartal sebesar Rp4,6 triliun, naik 6,98?ri tahun sebelumnya dimana realisasi pada tahun tersebut mencapai Rp 4,3 triliun.

Kebutuhan Uang di Bulan Ramadan dan Idul Fitri 1443 H Meningkat ,BI Malang : Siapkan 4,6 Triliun
Kebutuhan Uang di Bulan Ramadan dan Idul Fitri 1443 H Meningkat ,BI Malang : Siapkan 4,6 Triliun

AGROPOLITAN.TV - Malang,Jawa Timur- Menyambut bulan Ramadan dan Idul Fitri 1443 H, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Malang menyiapkan uang kartal sebesar Rp4,6 triliun, naik 6,98% dari tahun sebelumnya dimana realisasi pada tahun tersebut mencapai Rp 4,3 triliun.

Langkah tersebut ditempuh untuk memenuhi kebutuhan uang tunai masyarakat seiring dengan semakin membaiknya perekonomian dan pandemi yang semakin terkendali.

Kepala Perwakilan BI Malang Samsun Hadi mengatakan, hal ini di lakukan seiring dengan kebijakan pemerintah yang memberi kelonggaran masyarakat untuk beraktivitas bahkan mudik disertai dengan penetapan cuti bersama, diperkirakan akan meningkatkan aktivitas ekonomi dan pembayaran baik tunai maupun non tunai. 

Selain itu untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan penukaran uang pada bulan Ramadan dan Idul Fitri 1443 H, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Malang juga membuka layanan penukaran uang melalui Kas Keliling Ritel dengan jadwal sebanyak 4 kali.

Tempat yang dijadikan sebagai Kas Keliling Ritel yaitu pada tanggal 7 dan 21 April 2022 di Markas Brimob Ampeldento Kabupaten Malang, tanggal 14 dan 28 April 2022 di Area Parkir Gedung Cakrawala Universitas Negeri Malang.

"Untuk masyarakat yang ingin menukarkan uangnya pada Kas Keliling Ritel harus terlebih dahulu mendaftar secara online di aplikasi PINTAR dengan alamat http://pintar.bi.go.id. Sistem tersebut digunakan untuk menghindari kerumunan dan memberi kemudahan bagi masyarakat dengan hanya menunjukan bukti pemesanan beserta KTP sebagai proses verifikasi,"jelas Samsun.

Tidak hanya Kas Keliling Ritel, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Malang juga membuka layanan alternatif yaitu,Layanan penukaran uang melalui Kas Keliling Drive Thru, Layanan penukaran uang melalui loket perbankan dan perbarindo dan Layanan penukaran uang melalui Kas Keliling Drive Thru diselenggarakan selama 4 hari,

Kegiatan ini diperuntukan bagi masyarakat yang ingin menukar uang secara praktis sambil berkendara. Kas Keliling Ritel maupun Kas Keliling Drive Thru memiliki jam operasional terbatas yakni pukul 10.00 – 12.00 WIB.



Untuk layanan penukaran uang melalui loket perbankan dan perbarindo akan dilakukan secara serentak pada tanggal 25-28 April 2022 yang tersebar di berbagai kota/kabupaten, yakni Malang, Batu, Pasuruan dan Probolinggo. Kantor Perwakilan Bank Indonesia Malang bekerja sama dengan perbankan dan perbarindo membuka 100 titik layanan penukaran di loket perbankan dan 39 titik layanan penukaran di loket perbarindo.

Kepala Perwakilan BI Malang berharap, dengan meluasnya titik penukaran, kebutuhan masyarakat akan uang baru di berbagai lokasi dapat terpenuhi

Sementara jumlah uang yang bisa ditukarkan oleh masyarakat pada 3 layanan yang telah disiapkan adalah sebesar Rp3,7 Juta, yang terdiri dari pecahan Rp20.000 hingga Rp2.000. Semua layanan yang disediakan bersifat gratis tanpa dipungut biaya.

"Bank Indonesia mengajak masyarakat untuk berperilaku belanja bijak sesuai kebutuhan, berhemat, dan merawat Rupiah guna mendorong kesadaran masyarakat untuk semakin Cinta, Bangga, dan Paham Rupiah. Hal ini tercermin juga dalam tema Ramadan/Idul Fitri yang diusung tahun ini yakni "Serambi Rupiah Ramadan: Belanja Bijak dan Rawat Rupiah,"pungkas Samsun.