Kebun Hidroponik, Pertanian Kekinian Di Masa Pandemi

Pada masa Pandemi Covid-19 ini ada banyak usaha baru yang digeluti oleh masyarakat di Malang Raya. Salah satunya seperti kebun Hidroponik Kebuna. Ini merupakan usaha sayuran yang ditanam ke dalam bentuk hidroponik, sejak masa pandemi produk ini lebih diminati oleh masyarakat.

Kebun Hidroponik, Pertanian Kekinian Di Masa Pandemi
Kebun Hidroponik, Pertanian Kekinian Di Masa Pandemi

AGROPOLITAN.TV - Kebun Hidroponik Kebuna, merupakan usaha menanam sayuran yang ditanam dalam bentuk pipa hidroponik. Produk dari kebun ini banyak diminati karena budidaya sayur yang dilakukan bebas pestisida dan tentunya aman untuk dikonsumsi.

Hidroponik Kebuna ini, merupakan usaha budidaya sayur mayur yang digeluti oleh Taufiq, yang beralamat di Jalan Tirtomulyo, Kelurahan Landungsari, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang.

Sebelumnya usaha ini mulai digeluti oleh Taufiq, setahun setelah pandemi Covid-19. Usaha ini digagas lantaran kesulitan ekonomi yang dialaminya. Selain itu, usaha ini digeluti karena prosesnya yang tergolong mudah dan tidak memakan banyak tempat.

Bibit sayuran bisa ditanam lebih dahulu ke dalam rogul selama 10 hari, setelah itu bibit kemudian dipindahkan ke netpot dan lubang hidroponik. Sementara itu, sistem pengairan di tempat ini dilakukan menggunakan NTF atau pipa miring dengan sirkulasi air mengalir setiap satu jam sekali.

Selanjutnya tanpa menggunakan pupuk, sayuran dapat tumbuh dengan subur dengan menambahkan nutrisi sayur hidroponiknya. Di tempat ini Taufiq menggunakan vitamin AB Mix untuk diberikan pada beberapa jenis sayur seperti selada, pakcoy, dan kangkung.

Taufiq mengaku kini usahanya sudah bisa menghasilkan 10 kilogram sayuran per harinya, dengan masa panen yang beragam. Selain membudidayakan sayuran hidroponik, Taufiq juga menyediakan jasa pelatihan penanaman Hidroponik bagi masyarakat.

Benaya Harobu, ATV