Kasus Covid-19 Kota Batu Stabil Hanya 2 Aktif Dan Capaian Vaksin Mendekati 90%

Setelah sempat dinyatakan nihil kasus aktif Covid-19 sejak Oktober lalu. Kasus Covid-19 Kota Batu bertambah menjadi 2 kasus aktif. Meski begitu 2 pasien aktif ini merupakan penderita Covid tanpa gejala, dan menjalani isolasi mandiri. Secara umum kasus Covid-19 di Kota Batu relatif stabil dan terkendali. Bahkan capaian vaksinasi sudah mencapai 93% untuk tahap pertama. 75% untuk tahap kedua dan cakupan vaksinasi dosis ketiga sudah 97%.

Kasus Covid-19 Kota Batu Stabil Hanya 2 Aktif Dan Capaian Vaksin Mendekati 90%
Kasus Covid-19 Kota Batu Stabil Hanya 2 Aktif Dan Capaian Vaksin Mendekati 90%

AGROPOLITAN.TV- Sejak akhir bulan Oktober 2021 lalu kasus Covid-19 di Kota Batu cenderung stabil dan terkendali. Bahkan sempat dinyatakan nihil, dengan kosongnya bor di rumah sakit dan juga di shelter terpusat. Namun dari keterangan jubir satgas Covid-19 Kota Batu Onny Ardiyanto saat ini kasus aktif Covid-19 di Kota Batu kembali bertambah setelah sempat nol kasus. Jumlah kasus aktif per Rabu 17 November 2021, bertambah dua orang. Kedua pasien aktif ini merupakan penderita Covid tanpa gejala, dan menjalani isolasi mandiri. Satu dari dua orang yang positif Covid-19 itu sedang menjalani isolasi mandiri di palembang.

LIHAT VIDEO BERITA DI SINI

Sebelumnya kasus aktif Covid-19 di Kota Batu nol, alias tidak ada kasus aktif setelah dua kasus sebelum dinyatakan sembuh per 10 November 2021. Nol kasus aktif itu bertahan hingga 12 November 2021. Sehari setelahnya ada tambahan kasus terkonfirmasi lagi satu orang dan pada 16 November 2021 bertambah lagi satu orang. Sampai pada 17 November, kasus aktif di Kota Batu masih dua orang. Sementara itu, hingga kini tercatat jumlah kasus Covid-19 di Kota Batu sebanyak 3.114 orang. Rinciannya sembuh sebanyak 2.846 orang, meninggal sebanyak 266 orang dan masih aktif dua orang.

Sementara itu cakupan Vaksinasi Covid-19 di Kota Batu sudah mencapai 93% untuk tahap pertama. 75% untuk tahap kedua dan cakupan vaksinasi dosis ketiga sudah 97%. Dinas Kesehatan Kota Batu sendiri menargetkan hingga akhir tahun ini capaian vaksinasi sudah mendekati 100% pada akhir tahun 2021 ini.

Dan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 jelang libur natal dan akhir tahun. Agar kasus Covid-19 bisa terkendali dengan baik. Pemkot Batu akan mengaktifkan kembali satgas Covid-19 di sejumlah sektor terlebih di tempat wisata. Bahkan Pemkot telah merekomendasikan untuk melaksanakan pengetatan dan penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19 di tempat umum, tempat tujuan wisata, hotel dan pusat keramaian lainnya. Di samping itu, Pemkot Batu juga telah merekomendasikan instansi terkait untuk memastikan ketersediaan fasilitas layanan kesehatan. Obat-Obatan dan Tenaga Kesehatan (Nakes) di seluruh RS dan Puskesmas. Juga memastikan agar penerapan aplikasi pedulilindungi bisa benar-benar dilaksanakan.

Ary Punka Aji ATV