Jalan Penghubung Antar Daerah di Kota Batu Akan Ditutup Untuk Roda 4 , Ini Sebabnya

Jalan Penghubung Antar Daerah di Kota Batu Akan Ditutup Untuk Roda 4 , Ini Sebabnya
Jalan Penghubung Antar Daerah di Kota Batu Akan Ditutup Untuk Roda 4 , Ini Sebabnya

AGROPOLITAN.TV, Kota Batu-Pasca ambrol Jalur Kabupaten Malang menuju Kota Batu,melalui Karangploso bakal macet bahkan kemungkinan besar akan di tutup untuk kendaraan roda 4, hal ini penyebabnya Pemkot Batu melalui Dinas PUPR akan melakukan perbaikan jalan penghubung di jurang Susuh  di Desa Giripurno,Kecamatan Bumiaji, yang beberapa hari lalu ambrol di terjang deras nya air hujan.

"Pemkot Batu tengah menyiapkan anggaran Rp 700 juta untuk perbaikan jalan di perbatasan Desa Giripurno Kota Batu dan Desa Tawang Argo Kabupaten Malang yang ambrol. Perbaikan penahan  jalan di Jurang Susuh itu dimulai hari ini," kata Kepala Dinas PPUR Alfi Nurhidayat, saat di konfirmasi, Kamis (1/12).

Kepala Dinas PUPR Kota Batu Alfi Nurhidayat menjelaskan, anggaran Rp 700 juta diambil dari dana Belanja Tak Terduga (BTT) itu telah disepakati DPUPR Kota Batu dan tim Banggar.

Alfi menargetkan, perbaikan akan rampung sebelum akhir tahun 2022.

"Alhamdulillah, pengerjaannya sudah bisa kita mulai. Yang jelas kami targetkan perbaikan ini bisa rampung sebelum akhir tahun," ujar Alfi.

Lebih lanjut Alfi menambahkan, dengan anggaran 700 juta itu, tidak hanya yang ambrol utama, perbaikan penahan jalan termasuk di sisi utara jalan, bahkan sebelum yang ambrol utama itu, adapula yang rawan ambrol,itupun juga kita lakukan perbaikan.

"Jadi, itu semua nanti kita lakukan perbaikan dengan membuat penahan jalan, sebanyak 3 titik di lokasi yang sama," ujar Alfi.

"Kemungkinan besar, waktu pengerjaannya, akses jalan roda 4  dari arah Surabaya menuju Kota Batu, melalui Karangploso lewat Giripurno, kita alihkan lewat Pendem, Kecamatan Junrejo, begitu juga sebaliknya dari arah Kota Batu yang hendak tujuan Surabaya juga kita alihkan," terang Alfi.

Hingga saat ini di lokasi jalan yang ambrol masih terpasang garis pengaman sebagai penanda jika ada lubang bekas longsor. Untuk sementara  jalur tersebut masih bisa di lalui untuk kendaraan roda empat dan  kendaraan roda dua,untuk kendaraan roda 6 atau truk di larang untuk melintasi pada jalan ambrol tersebut.

Sebelumnya di ketahui bahu penahan jalan penghubung antar daerah yaitu Kabupaten Malang dengan Kota Batu ambrol dan longsor diakibatkan karena tidak kuat menahan derasnya air ketika Kota Batu dan sekitarnya di guyur hujan.(yc).