Jaga Stamina Atlet Untuk Persiapan PORPROV KONI Kota Batu Gelar Tes VO2MAX

Masih terbatasnya kegiatan olahraga karena aturan ppkm, yang memaksa atlet berlatih secara mandiri. Membuat KONI KONI Kota Batu menggelar tes VO2MAX. Tes ini dilakukan guna mengukur ketahanan stamina atlet Kota Batu  untuk memastikan para atlet benar-benar siap mengikuti Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV) Jawa Timur tahun 2022.

Jaga Stamina Atlet Untuk Persiapan PORPROV KONI Kota Batu Gelar Tes VO2MAX
Jaga Stamina Atlet Untuk Persiapan PORPROV KONI Kota Batu Gelar Tes VO2MAX

AGROPOLITAN.TV - Selain keterbatasan kegiatan olahraga karena aturan PPKM pandemi Covid-19, serta minimnya ajang kejuaraan olahraga. Membuat atlet di tiap tiap cabang olahraga membuat program pelatihan mandiri. Untuk memastikan para atlet benar-benar siap mengikuti Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV) Jawa Timur tahun 2022. KONI KONI Kota Batu menggelar tes VO2MAX, yang di pusatkan di Gor Gajahmada Kota Batu.

Sebanyak 196 atlet dari 24 cabang olahraga dibawah naungan KONI Kota Batu, dengan rincian 177 atlet puslatkot KONI Kota Batu dan 19 atlet puslatkot mandiri masing-masing cabang olahraga Kota Batu. Mengikuti tes pengukuran stamina atau yang biasa disebut tes VO2MAX. Secara umum, VO2MAX adalah konsep yang digunakan untuk mengetahui seberapa banyak oksigen yang dapat diserap dan digunakan tubuh selama berolahraga. Para atlet diharuskan melahap lintasan jogging dengan standar waktu tertentu.

Ketua puslatkot PORPROV KONI Kota Batu Sentot Ariwahyudi Ssos Mm mengatakan bahwa kegiatan VO2MAX yang dilaksanakan saat ini merupakan rangkaian dari berbagai persiapan menyambut PORPROV yang akan diselenggarakan pertengahan tahun ini di empat kota (Lumajang, Jember, Bondowoso dan Situbondo). Tes VO2MAX dilaksanakan untuk memastikan kebugaran dan stamina atlet. Dari tes ini akan dilakukan evaluasi posisi atlet dan pelatih saat ini sudah pada posisi yang sudah siap mengikuti PORPROV Jatim. Namun masih ada kemungkinan degradasi maupun promosi untuk para atlet yang sudah masuk dalam puslatkot. Artinya meskipun sudah masuk dalam Puslatkot KONI Kota Batu, masih dimungkinkan terkena degradasi ketika dianggap kondisi atlet mengalami penurunan performance. Sebaliknya, atlet puslatkot mandiri cabang olahraga, bisa naik menjadi atlet puslatkot KONI ketika performancenya meningkat.

Setiap tahun jumlah atlet yang masuk puslatkot terus bertambah seiring dengan prestasi yang diraih atlet hingga pada tahun 2022 ini tercatat 177 atlet puslatkot, selama dalam puslatkot. KONI secara rutin melaksanakan tes VO2MAX satu tahun dua kali.

Ary Punka Aji ATV