Ibadah Imlek Di Kelenteng Eng An Kiong Tahun Ini Lebih Longgar

Pada perayaan Imlek tahun ini, jemaat Kelenteng Eng An Kiong sudah dapat kembali melakukan ibadah Imlek dengan sedikit longgar. Meski demikian, berbeda dengan ibadah biasa, ibadah bersama tetap dibatasi kuota sebanyak 30 orang jemaat dengan protokol kesehatan yang ketat.

Ibadah Imlek Di Kelenteng Eng An Kiong Tahun Ini Lebih Longgar
Ibadah Imlek Di Kelenteng Eng An Kiong Tahun Ini Lebih Longgar

AGROPOLITAN.TV - Jemaat Kelenteng Eng An Kiong, di Kota Malang pada pagi tadi telah menjalani ibadah tahun baru Imlek 2573 Kongzili. Para jemaat mulai berdatangan sejak jam 8 pagi dan memulai ibadah bersama pada jam 10 pagi.

Ibadah Imlek ini dilakukan dengan dua jenis ibadah, yaitu ibadah masing-masing serta ibadah bersama. Dalam menjalani ibadah bersama, kelenteng ini membatasi kuota dengan 30 orang jemaat. Meski dibatasi, para jemaat terlihat menjalani rangkaian ibadah imlek dengan khusyuk.

Wakil Ketua Yayasan Klenteng Eng An Kiong Herman Subianto, mengaku banyak perubahan yang terjadi pada peribadatan imlek selama masa pandemi yang terjadi tiga tahun terakhir ini. Menurutnya, sejak awal tahun 2020 ibadah offline Imlek dihentikan total.

Berbeda dengan tahun ini, ibadah di Klenteng En Ang Kiong mulai terbuka bagi para umat, dengan memperketat protokol kesehatan. 

Herman Subianto juga berharap, dalam Imlek tahun ini seluruh umat manusia terhindar dari bencana alam dan virus covid yang masih melanda Indonesia, sehingga setiap aktivitas dapat dilakukan dengan kembali normal.

Imlek tahun ini dimaknai dengan kebersamaan antara sanak bersaudara, serta sikap menghargai antar sesama. Ini juga terlihat dari sejumlah pihak yang bersama-sama menjaga ketertiban berlangsungnya ibadah Imlek.

Benaya Harobu, ATV