Hindari Pernikahan Dini Dan Tekan Angka Stunting DP3AP2KB Kukuhkan Insan Genre Kota Batu

Guna menyebar informasi dan edukasi pelayanan konseling yang benar, tentang penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja. Untuk menghindari pernikahan dini dan menekan angka stunting di Kota Batu. Dinas pemberdayaan perempuan, perlindungan anak, pengendalian penduduk dan keluarga berencana (DP3AP2KB) Kota Batu kukuhkan insan generasi berencana yang tersebar di tiap desa dan kelurahan di Kota Batu.

Hindari Pernikahan Dini Dan Tekan Angka Stunting DP3AP2KB Kukuhkan Insan Genre Kota Batu
Hindari Pernikahan Dini Dan Tekan Angka Stunting DP3AP2KB Kukuhkan Insan Genre Kota Batu

AGROPOLITAN.TV - Kota Batu sempat dinobatkan sebagai kota dengan angka stunting tertinggi di Jawa Timur dengan mencapai 27%. Namun berkat kerja keras dinas pemberdayaan perempuan,perlindungan anak, pengendalian penduduk dan keluarga berencana (DP3AP2KB) kotabatu yang bersinergi dengan semua pihak elemen. Angka stunting Kota Batu turun di angka 15%. Meski turun angka 15% masih cukup tinggi, dan untuk menekan angka tersebut.

DP3AP2KB Kota Batu juga memaksimalkan peran insan generasi berencana (Genre). Insan genre ini diharapkan mampu menjadi role model bagi remaja sebayanya. Sehingga bisa menjadi inspirasi guna meningkatkan peran remaja lainnya, untuk turut mewujudkan visi Pemerintah Kota (Pemkot) Batu yaitu desa berdaya kota berjaya. Insan genre Kota Batu memiliki peranan yang cukup penting dalam rangka pelaksanaan pembangunan keluarga melalui pembinaan ketahanan dan kesejahteraan keluarga untuk penanganan stunting. Terlebih dalam mengedukasi, penyebar informasi dan pelayanan konseling yang cukup dan benar.tentang penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja, guna menghindari pernikahan dini dan menekan angka stunting di Kota Batu.

 Hal tersebut dikatakan oleh kepala dinas P3AP2KB Kota Batu Md Furqon dalam kegiatan pengukuhan insan genre Kota Batu tahun 2021 yang berlangsung di Aula Hotel Batu Suki Kota Batu.          

Kepala dinas P3AP2KB Kota Batu md furqon mengatakan insan genre  ini merupakan strategi jitu untuk mengarahkan remaja ke arah kegiatan yang lebih positif. Sebagai perpanjangan tangan bkkbn dan dinas P3AP2KB Kota Batu dalam penyampaian pesan program bangga kencana kepada teman sebayanya. Kegiatan ini sebagai wadah untuk mengembangkan dan mengedepankan pembentukan karakter bangsa dikalangan generasi muda, dengan mengajarkan remaja untuk menjauhi pernikahan dini, seks pra nikah dan napza. Guna menjadi remaja tangguh dan dapat berkontribusi dalam pembangunan, serta berguna bagi nusa dan bangsa, khususnya pembangunan di Kota Batu.            

Kepala dinas P3AP2KB Kota Batu Md Furqon menambahkan para insan genre ini sebelumnya sudah menjalani seleksi. Tugas mereka memotivasi, menjadi pelopor tapi juga pelapor. Melaporkan kondisi remaja seperti apa. Terus trend remaja yang diharapkan seperti apa dan kenyataannya seperti apa. Duta genre ini nanti menjadi penyebar informasi dan pelayanan konseling yang cukup dan benar. Edukasi tentang penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja, guna menghindari pernikahan dini dan menekan angka stunting di Kota Batu.          

Insan genre ini sendiri merupakan perwakilan remaja di Desa dan Kelurahan Sekota Batu. Selain belajar berorganisasi, juga berkreasi dan berinovasi dalam memberi edukasi kepada teman sebayanya terkait dampak buruk pernikahan dini yang bisa menyebabkan stunting.           

Ary Punka Aji ATV