Ground Breaking Ceremony Pasar Induk Among Tani

Meski proses ground breaking Pasar Induk Kota Batu sempat mundur dari rencana. Tepat hari ini dilaksanakan pemasangan pancang pertama dalam Ground Breaking Ceremony yang digelar di lokasi pembangunan Pasar Induk Kota Batu. Bagaimana informasi selengkapnya, berikut terangkum dalam news focus.

Ground Breaking Ceremony Pasar Induk Among Tani
Ground Breaking Ceremony Pasar Induk Among Tani

AGROPOLITAN.TV - Meski proses ground breaking Pasar Induk Kota Batu sempat mundur dari rencana. Tepat hari ini dilaksanakan pemasangan pancang pertama dalam Ground Breaking Ceremony yang digelar di lokasi pembangunan Pasar Induk Kota Batu.

Pembangunan Pasar Induk Kota Batu yang dikerjakan oleh PT. Sasmito Surabaya ini, menelan anggaran sebesar 151,6 milyar rupiah dan direncanakan akan memakan masa pengerjaan hingga 16 bulan lamanya. Lahan Pasar Induk Kota Batu seluas 44.525 meter persegi ini, akan dibangun dengan luas bangunan sebesar 33.136,6 meter persegi dengan total tiga lantai. Pada lantai satu, dengan luas bangunan 14.327 meter persegi, diperuntukkan bagi zona basah. Sedangkan pada lantai dua, dengan bangunan seluas 12.915 meter persegi, digunakan untuk zona kering. Dan pada lantai tiga, dengan bangunan seluas 5.893 meter persegi, digunakan untuk pedagang makanan atau kuliner. Konsep bangunan Pasar Induk Kota Batu telah merujuk pada Peraturan Menteri PUPR nomor 2 tahun 2015 tentang bangunan gedung hijau, dengan mengutamakan efisien listrik, air dan ramah lingkungan.

Penataan pedagang akan disesuaikan dengan zonasi pedagang menurut kelompok atau zonasi dagangan. Di dalam DED sudah terakomodir, diantaranya zonasi pedagang kain, zonasi pedagang emas, pedagang aksesoris, dll. Pembangunan Pasar Induk Kota Batu rencananya akan menggunakan pondasi tiang pancang yang di dalam perencanaan terdapat 1.062 titik pancang. Sedangkan untuk struktur atas akan menggunakan rangka pipa baja.

Bangunan sudah dirancang sedemikian rupa sehingga diharapkan terwujud bangunan yang aman, nyaman, sehat, ramah perempuan, ramah anak, serta disabilitas. Proses pembangunan Pasar Induk Kota Batu akan diawasi dan diarahkan oleh konsultan managemen konstruksi yaitu dari PT. Bina Karya Konsultan dan didukung oleh tim teknis dari balai permukiman wilayah Jawa Timur, tim teknis Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Batu, dan Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kota Batu, di bawah pengendalian pembuat pejabat komitmen dari satgar balai permukiman wilayah Jawa Timur.

Dalam momen ini Walikota Batu Dewanti Rumpoko meresmikan pemasangan pancang pertama pembangunan Pasar Induk Kota Batu. Dewanti juga menuturkan bahwa secara resmi pasar ini akan diberi nama Pasar Induk Among Tani. Dalam konverensi pers, Dewanti memohon dukungan masyarakat kota batu agar pembangunan Pasar Induk Among Tani dapat berjalan lancar, sehingga pasar ini nantinya dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan pedagang dan masyarakat Kota Batu.