Gelar Upacara Kemerdekaan Ke-76th Pemkot Salurkan Insentif Buat Pejuang Veteran

Upacara peringatan HUT Kemerdekaan ke-76th RI digelar  secara terbatas dengan protokol kesehatan oleh Pemkot Batu. Upacara dilakukan di halaman Balaikota Among Tani Pemkot Batu, sesaat sebelum mengikuti upacara kemerdekaan RI secara virtual, bersama presiden di istana negara. Usai upacara Walikota Batu menyalurkan bantuan insentif yang diberikan secara simbolis kepada pejuang veteran Kota Batu.

Gelar Upacara Kemerdekaan Ke-76th Pemkot Salurkan Insentif Buat Pejuang Veteran

AGROPOLITAN.TV - Upacara peringatan Kemerdekaan Ke-76th RI, tahun ini dilakukan secara berbeda oleh pemerintah Kota Batu, karena masih dalam situasi pandemi covid-19. Pemkot Batu menggelar upacara peringatan Kemerdekaan RI, dengan menerapkan protokol kesehatan dan dilakukan secara terbatas hanya diikuti sejumlah pejabat forkopimda serta perwakilan TNI, Polri dan ASN.

Berbeda pada tahun sebelumnya, kali ini upacara diikuti oleh peserta terbatas, yakni kurang lebih sejumlah 60 orang. Peserta upacara tersebut hanya dihadiri jajaran Forkopimda Kota Batu. Hal ini mengacu dari instruksi Kemendagri yang hanya boleh diikuti terbatas. Meski begitu, Pemerintah Kota Batu tetap melaksanakan protokol kesehatan Covid-19. Upacara peringatan kemerdekaan di halaman Balaikota Among Tani diikuti oleh Walikota Batu Dewanti Rumpoko yang bertindak sebagai inspektur upacara, Wakil Walikota Batu,  Pimpinan DPRD Kota Batu, Kapolres Batu, Kodim 0818, Kajari Kota Batu, bersama sejumlah Kepala SOPD Pemkot Batu. teks proklamasi kemerdekan dibacakan Ketua DPRD Kota Batu Asmadi.

 Upacara peringatan Kemerdekaan RI ke-76th di Balaikota Among Tani berjalan lancar dan khidmat. Usai upacara sebagai bentuk kepedulian serta sebagai pelipur di saat hari kemerdekaan. Pemkot batu salurkan insentif sebesar 1 juta rupiah untuk veteran dan juga janda veteran Kota Batu. Insentif diberikan tepat saat momen 17 Agustus agar veteran sedikit terhibur karena peringatan kemerdekaan 17 Agustus tahun ini diperingati di tengah pandemi Covid-19, yang membuat mereka tidak bisa ikut upacara peringatan kemerdekaan.

Pemberian insentif ini merupakan program rutin yang digelar oleh Pemkot Batu dimana anggota LVRI (Legiun Veteran Republik Indonesia) dan janda veteran Kota Batu mendapat insentif sebesar 4 juta rupiah tiap tahunnya, yang diberikan pada momen kemerdekaan, hari pahlawan, hari raya idul fitri dan juga hari jadi Kota Batu. Meski mengaku ada yang hilang pada upacara peringatan kemerdekaan tahun ini. Ketua LVRI Kota Batu Handri Israwan menyampaikan apresiasi nya kepada Pemerintah Kota Batu yang masih peduli dan memperhatikan veteran di Kota Batu.

Usai upacara seluruh undangan mengikuti upacara peringatan Kemerdekaan RI ke-76th secara virtual di Istana Merdeka Jakarta. Walikota Batu Hj Dewanti Rumpoko dan Wakil Walikota Batu Punjul Santoso tampil kompak dengan mengenakan baju adat daerah. Walikota Batu tampil cantik dengan balutan baju adat Batak sedangkan wawali tampil dengan baju adat Bugis.

 Ary Punka Aji, ATV.