Fokus Perubahan Dan Penyesuaian Kerangka Ekonomi Dan Anggaran Dalam Kupa Dan PPAS Perubahan TA 2021

Dalam rapat paripurna bersama dengan DPRD Kota Batu, walikota Batu juga menyampaikan terkait dengan fokus perubahan dan penyesuaian kerangka ekonomi dan anggaran dalam kebijakan umum perubahan anggaran dan PPAS perubahan tahun anggaran 2021.

Fokus Perubahan Dan Penyesuaian Kerangka Ekonomi Dan Anggaran Dalam Kupa Dan PPAS Perubahan TA 2021
Fokus Perubahan Dan Penyesuaian Kerangka Ekonomi Dan Anggaran Dalam Kupa Dan PPAS Perubahan TA 2021

AGROPOLITAN.TV - Fokusnya yaitu mendahulukan rincian belanja wajib untuk kebutuhan operasional dan birokrasi yang meliputi pemenuhan atas kekurangan alokasi pagu belanja pegawai pada APBD tahun 2002 satu yang telah ditetapkan serta kekurangan biaya operasional SKPD dan kekurangan biaya PBID. Selain itu untuk efisiensi terhadap kebutuhan belanja barang jasa dan modal pendukung operasional pelayanan kantor berdasarkan rencana kebutuhan barang yang telah disusun secara objektif dan terukur. Tidak ada lagi alokasi tambahan belanja untuk tenaga harian lepas, dan penyelesaian atas catatan LPKD 2020 setelah audit BPK RI meliputi hutang daerah permasalahan tanggungan pembayaran kegiatan APBD tahun 2020.

Yang kedua yaitu mengutamakan rincian belanja intervensi program kegiatan prioritas sesuai urusan yang diampu yang meliputi belanja operasi belanja modal belanja tidak terduga dan belanja transfer yang difokuskan untuk langkah lanjutan dalam upaya penanganan dan penguatan sektor sosial ekonomi baik untuk penanganan penanganan dampak pandemi covid 19 maupun tindak lanjut kebijakan sektoral tahun sebelumnya yang mencakup penanganan kesehatan intensif tenaga kesehatan daerah pemulihan ekonomi dan jaring pengaman sosial. Selain itu untuk percepatan pembangunan infrastruktur dan penataan ruang perkotaan yang berkelanjutan disinergikan dengan pemberdayaan pembangunan desa dalam rangka pencapaian sasaran pembangunan pada rkpd tahun 2021.

Seluruh kegiatan dalam perubahan APBD 2021 harus mempertimbangkan kecukupan waktu yang tersedia termasuk pelaksanaan kegiatan perencanaan yang mendukung pelaksanaan kegiatan fisik pada APBD tahun 2002.

Abraham Patrikha ATV