Expo Pariwisata Hybrid Event Upaya Bangkitkan Pariwisata Kota Batu Dari Pandemi

Sebagai upaya untuk membangkitkan dunia pariwisata di kota dari keterpurukan akibat pandemi Covid-19 yang berkepanjangan. Dinas pariwisata Kota Batu, menggelar Expo Pariwisata Hybrid Event 2021. Expo Pariwisata Hybrid Event ini diharapkan mampu mengawali kebangkitan pariwisata di Kota Batu.

Expo Pariwisata Hybrid Event Upaya Bangkitkan Pariwisata Kota Batu Dari Pandemi
Expo Pariwisata Hybrid Event Upaya Bangkitkan Pariwisata Kota Batu Dari Pandemi

AGROPOLITAN.TV - Dampak pandemi Covid-19 yang berkepanjangan tak hanya berdampak pada sektor kesehatan semata, namun juga menghancurkan sendi sendi perekonomian. Di Kota Batu sendiri, yang menggantungkan pergerakan ekonomi dari sektor pariwisata, sangat terpukul dengan pandemi dan juga PPKM yang berkepanjangan. Angka kunjungan wisatawan yang sebelum pandemi mampu mencapai lebih dari 7 juta wisatawan per tahun, turun drastis hingga dibawah 2 juta wisatawan saja.  

Atas dasar itulah dinas pariwisata Kota Batu menggelar Expo Pariwisata Hybrid Event 2021, sebagai upaya untuk membangkitkan dunia pariwisata di kota dari keterpurukan akibat pandemi Covid-19 yang berkepanjangan.

LIHAT VIDEO BERITA DI SINI

Acara yang tentu saja digelar dengan menerapkan protokol kesehatan ketat mulai wajib bermasker, wajib cuci tangan, jaga jarak dan menghindari kerumunan ini. Dipusatkan di Hall Galery Music Dunia, Jawa Timur Park 3 Kota Batu. Antusias penyelenggara hingga ikutsertaan 30 lembaga dalam Expo Pariwisata ini menunjukkan gelagat yang menggembirakan untuk perkembangan pariwisata di Kota Batu.

Wakil Walikota Batu Ir Punjul Santoso mengatakan Expo Pariwisata Hybrid Event 2021 ini merupakan bentuk keinginan dari pemkot batu untuk bagaimana dalam situasi Covid-19 ini terjadi pertumbuhan ekonomi. Pandemi Covid-19 menurut Punjul Santoso mengakibatkan menurunnya jumlah wisatawan di Kota Batu. Lewat event ini Pemkot Batu membutuhkan pemicu yang menunjukkan bahwa Kota Batu bisa menyajikan wisata yang aman dengan penerapan program chse berbasis pada cleanliness (kebersihan), health (kesehatan), safety (keamanan) dan environment sustainability (kelestarian lingkungan).

Sementara itu kepala Dinas Pariwisata, Drs Arif As Siddiq MH kegiatan Expo Pariwisata ini merupakan kegiatan besar perdana di tengah pandemi Covid-19 dengan pembatasan peserta dan pengunjung offline serta mengadakan pameran secara online. Kegiatan pameran diikuti 30 perwakilan yang menampilkan inovasi produk. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kunjungan wisata di Kota Batu sekaligus membantu meningkatkan pemasaran umkm dan industri kreatif di Kota Batu sekaligus membangun kerja sama promotif untuk pemulihan Covid-19.

Kegiatan ini dilakukan untuk pengembangan promosi pariwisata sekaligus memperingati HUT ke 20 tahun 2021 yang dilakukan secara hybrid dengan pelaksanaan secara offline terbatas dan bisa diakses secara virtual. Pariwisata memang sektor paling kolaps ketika pandemic Covid-19 mendera negeri ini. Lewat event ini Dinas Pariwisata Kota Batu mencoba memberikan semangat, optimisme untuk melakukan recovery pariwisata dari pandemi Covid-19.

Ary Punka Aji ATV