Diskominfo Kota Batu Siap Sukseskan ASO Siaran TV Digital Di Daerah

Kementerian Komunikasi Dan Informatika (Kemenkominfo) RI, terus menggaungkan program penghentian siaran TV analog untuk selanjutnya beralih ke siaran TV digital. Meski di Kota Batu dan Malang Raya masih akan dilakukan pada tahap ke tiga atau pada akhir November 2022. Namun Dinas Komunikasi Dan Informatika Kota Batu siap mensukseskan program Analog Switch Off (ASO) siaran TV digital dengan gencar sosialisasi ke masyarakat.

Diskominfo Kota Batu Siap Sukseskan ASO Siaran TV Digital Di Daerah
Diskominfo Kota Batu Siap Sukseskan ASO Siaran TV Digital Di Daerah

AGROPOLITAN.TV - Program penghentian siaran TV analog atau Analog Switch Off (ASO) siaran TV digital, akan mulai dilakukan dalam tiga tahap oleh Kementerian Komunikasi Dan Informatika (Kemenkominfo) Republik Indonesia. Tahap pertama mulai 30 April 2022 di 56 wilayah siaran atau 166 kabupaten/kota. Tahap 2 pada 25 Agustus 2022 di 31 wilayah siaran atau 110 kabupaten/kota. Dan tahap tiga pada 2 november 2022, di 25 wilayah siaran atau 65 kabupaten/kota.

Di Kota Batu dan Malang Raya sendiri Analog Switch Off (ASO) siaran TV digital akan dilakukan di tahap tiga pada bulan November mendatang. Meski demikian Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Batu sudah melakukan langkah langkah sosialisasi kepada masyarakat terkait pemberlakuan penghentian siaran TV analog untuk selanjutnya beralih ke siaran TV digital.

Kepala Dinas Kominfo Kota Batu Onny Ardianto mengatakan program siaran TV digital, merupakan ekosistem untuk mendukung hadirnya internet berkecepatan tinggi. Pembangunan ekosistem digital adalah langkah penting dalam mempersiapkan indonesia menghadapi era ekonomi digital. Ada banyak manfaat dengan peralihan siaran TV digital ini seperti langsung mendapatkan siaran berkualitas daripada siaran TV analog. Kualitas tayangan yang bersih, jernih dan canggih. Dari sisi kuantitas tayangan, siaran TV digital lebih beragam. Ada beberapa program dan stasiun yang hanya ada di siaran TV digital.

Lebih lanjut Kadis Kominfo Pemkot Batu menambahkan pihaknya siap membantu penyebaran informasi yang akan dibutuhkan masyarakat. Begitu pun dengan proses digitalisasi penyiaran, terlebih Pemkot Batu juga memiliki satu Televisi Lokal LPPL (Lembaga Penyiaran Publik Lokal) Agropolitan Televisi dibawah Dinas Kominfo Kota Batu.

Ary Punka Aji ATV