Dinkes Sampaikan Faktor yang Pengaruhi Penggunaan Obat

Salah satu yang disampaikan oleh Dinkes Kota Batu dalam rapat kerja bersama dengan Komisi C adalah terkait dengan faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan atau konsumsi obat apalagi obat yang memiliki expired date singkat.

Dinkes Sampaikan Faktor yang Pengaruhi Penggunaan Obat

AGROPOLITAN.TV - BATU, Disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kota Batu, Drg. Kartika Trisulandari, bahwa terkait dengan perencanaan pengadaan obat, Dinkes melihat kasus yang sebelumnya. Hal ini untuk melihat ternd penyakit seperti apa saja. Selain itu, juga melihat jumlah pasien yang berobat.

Kepala Dinas Kesehatan juga menjelaskan bahwa di tiap tahunnya berbeda-beda. Sehingga terdapat perbedaan jenis penyakit. Ada juga kasus-kasus tertentu berbeda-beda dengan juknis.

Dimana sebelumnya penyakit tertentu harus menggunakan 3 obat, tetapi pada juknisnya cukup hanya menggunakan 2 item obat saja. Aturan pemakaian ini juga yang menyebabkan perbedaan dalam penggunaan obat. Selain itu, expired date atau tanggal expired obat yang sangat pendek. Dimana Dinkes sendiri menerima obat yang hanya memiliki 6 sampai 12 bulan saja masa kadaluarsanya.

Ada juga obat-obat yang harus disiapkan oleh Dinkes tetapi tidak terpakai, semisal obat yang digunakan untuk penanganan pingsan pada saat disuntik. Obat tersebut disiapkan sebagi obat pendamping. Dimana pada vaksinasi digunakan sebagai obat antisipasi.

Oleh karena itu, Dinkes menyampaikan perlu adanya inovasi dan perbaikan startegi bila nantinya obat dengan masa kadalurasa yang singkat yang akan disalurkan adalah obat program.

Abraham Patrikha, ATV.